Walah, Harga Cabai Merah Tembus Rp60.000

oleh -41 views
Harga Cabai
ILUSTRASI

KUNINGAN-Musim hujan di awal tahun 2020 ini ternyata berdampak pada melonjaknya harga cabai merah hingga sekarang berada di tingkat Rp60.000 per kilogram.

Seperti terpantau di Pasar Kepuh Kuningan, kenaikan harga cabai merah yang sudah terjadi sejak Desember 2019, kini sudah hampir tiga kali lipatnya. Kenaikan harga tersebut diduga disebabkan karena kondisi cuaca saat ini yang sedang musim hujan dan berdampak pada hasil panen.

“Kiriman cabai merah dari Majalengka mengalami pengurangan cukup drastis, dari biasanya sehari 3 kuintal sekarang satu kuintal saja. Penyebabnya karena hasil panen di musim hujan ini kurang bagus, yang dampaknya praktis pada harga menjadi naik,” ungkap Nana, salah satu pedagang sayuran di Pasar Kepuh Kuningan.

Nana mengatakan, sudah satu bulan lebih harga cabai merah terus merangkak naik. Dari harga normal di kisaran Rp20.000 per kilogram, kemudian melonjak menjadi Rp28.000 hingga akhirnya Rp40.000 dan sekarang Rp60.000 per kilogram.

“Otomatis dampaknya ke pembelian, dari biasanya pelanggan beli 2 kilogram berkurang jadi 1 kilogram atau bahkan hanya setengah kilogram. Sudah biasa kalau sedang tinggi, pembelian pun jadi turun,” katanya.

Selain harga cabai merah, kata Nana, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang putih yang kini sudah mencapai Rp32.000 dari harga sebelumnya Rp28.000 per kilogram. Nana mengaku tidak mengetahui penyebab kenaikan harga bawang putih impor tersebut apakah ada kaitannya dengan Imlek atau tidak. “Yang jelas stok di bandar pun sedang kekurangan. Otomatis harganya menjadi naik,” ujarnya.

Sementara itu, petugas pemantau harga dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Arisman mengatakan, harga selain dua komoditas tersebut masih terbilang stabil. Disebutkan, harga tomat Rp7.000, bawang merah Rp28.000 dan kol Rp7.000 per kilogram. Sementara daging ayam kini normal di harga Rp32.000 per kilogram.

Telur ayam pun berangsur turun dari Rp25.000 menjadi Rp23.500 per kilogram dan daging sapi stabil di harga Rp110.000 per kilogram. “Begitu juga dengan harga sembako masih terpantau stabil. Mudah-mudahan musim hujan ini tidak berdampak pada harga-harga lainnya,” ujar Arisman. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.