Wabup: Karang Taruna Harus Kreatif dan Inovatif

oleh -41 views
SAMBUTAN: Wabup HM Ridho Suganda menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Kecamatan Ciniru dan Hantara, di Aula Desa Cijemit Kecamatan Ciniru, Sabtu kemarin (10/4). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat. Karang Taruna juga dituntut harus kreatif dan inovatif, terutama dalam pengembangan wirausaha dalam rangka mendukung pembangunan desa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi, saat memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Kecamatan Ciniru dan Hantara, di Aula Kantor Pemerintahan Desa Cijemit Kecamatan Ciniru, Sabtu (10/4).

“Meskipun Karang Taruna adalah organisasi nonprofit, tapi Karang Taruna harus kreatif dengan berbagai programnya yang inovatif, terutama untuk mendorong kewirausahaan bagi masyarakat di wilayahnya, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Sehingga kesenjangan sosial di masyarakat dapat diatasi,” kata Wabup.

Melalui Karang Taruna, wabup berharap para pemuda dapat berkegiatan yang positif dengan mengembangkan potensi yang ada. Dia juga meminta agar pengurus dapat menjalin dan menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintah desa.

Karena menurutnya, Karang Taruna adalah mitra pemerintah desa yang memiliki tugas membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya.

“Keberadaan Karang Taruna bukan menjadi pesaing dari pemerintah desa, tapi tugas Karang Taruna untuk membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya,” harap Wabup.

“Karang Taruna juga harus memiliki tujuan yang sama dengan pemerintah desa, yaitu mengatasi berbagai permasalahan di desa, seperti permasalahan sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan sumber daya manusia, pembangunan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Karang Taruna memiliki peran dan tugas yang strategis dan erat kaitannya dengan pemerintah desa,” imbuhnya.

Adapun yang hadir pada kegiatan tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Ciniru, Kades Cijemit, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciniru dan Hantara, serta para pengurus Karang Taruna desa dari dua kecamatan setempat.

Kegiatan serupa juga digelar di Aula Kantor Kecamatan Kramatmulya. Peserta merupakan para Ketua Karang Taruna Desa di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kramatmulya dan Kecamatan Jalaksana.

Hadir pula Ketua Kecamatan Jalaksana dan Kramatmulya. Termasuk tim pemateri dari Karang Taruna Kabupaten Kuningan, Aldi Nurcahya MPd, Taufik Hidayat SH, dan Titin Suhartini SPd MM. Acara berlangsung hingga sore hari. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.