Vaksinasi Masal di Polres Kuningan

oleh -26 views
vaksinasi-masal-polres
Vaksinasi Covid-19 secara masal di Gedung Wira Satria Pradhana Mapolres Kuningan, dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, pada Rabu (9/6). Foto: Dokumen/Radar Kuningan

KUNINGAN-Sebanyak 766 warga dan keluarga besar anggota Polres Kuningan mendapat suntikan vaksin Covid-19 secara gratis di Mapolres Kuningan, belum lama ini.

Bertempat di Gedung Wira Satria Pradhana Mapolres Kuningan, warga yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 tersebut adalah ibu-ibu anggota Bhayangkari dan putra-putri anggota Polri serta warga sekitar Mapolres. Secara bergantian, pemberian vaksin untuk keluarga polisi dan masyarakat sekitar tersebut dilaksanakan pada Rabu (9/6) pagi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. 

Vaksinasi yang dibuka oleh Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana tersebut mengerahkan sebanyak 25 petugas medis dan paramedis dari Klinik Polres Kuningan dan Dinkes Kabupaten Kuningan. Pelaksanaan vaksinasi masal ini mendapat penjagaan ketat 20 orang anggota Polri dari fungsi Provos, Binmas dan Sabhara Polres Kuningan.

Dalam sambutannya, Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana menyatakan, sasaran pemberian vaksin yang dilakukan oleh Polres Kuningan adalah para anggota Bhayangkari dan putra putri dari anggota Polri yang telah berusia di atas 18 tahun serta para lansia. Total ada 766 warga yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dan direncanakan akan berlanjut menyasar warga di lingkungan Polsek di wilayah Kabupaten Kuningan.

“Kita juga akan memberikan vaksin kepada berbagai komunitas yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan dan juga para pelayan publik yang belum mendapatkan vaksin. Oleh karena itu kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan agar mengarahkan berbagai komunitas maupun pelayan publik terutama mereka yang belum mendapatkan vaksin,” ujar Wakapolres Jaka Mulyana.

Jaka mengatakan, selain di Polres Kuningan, pemberian vaksin juga secara serentak dilakukan di seluruh Polsek jajaran Polres Kuningan, sehingga diharapkan secara bertahap seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksinasi.

“Vaksin yang diberikan adalah Sinovac. Dari total 783 warga yang hadir, ternyata ada 17 orang yang ditunda disuntik vaksin karena alasan kesehatan. Ini adalah vaksinasi tahap satu, sehingga mereka akan diminta untuk kembali mendapatkan vaksin tahap dua pada dua pekan ke depan di tempat yang sama,” ujar Jaka.

Terdapat serangkaian kegiatan bagi anggota Bhayangkari maupun masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi, di antaranya melakukan pra registrasi, yakni pengecekan melalui HP peserta vaksin di aplikasi link peduli lindungi untuk mengetahui nomer e-tiket vaksin, selanjutnya mengisi daftar absensi dan informasi consent. Setelah itu para peserta akan dilakukan pengecekan, di antaranya suhu tubuh dan tekanan darah, skrening kesehatan oleh dokter untuk selanjutnya dilakukan penyuntikan oleh petugas vaksinator. Setelah disuntik vaksin, para peserta akan dilakukan pencatatan registrasi dan verifikasi melalui aplikasi pCare, untuk selanjutnya melakukan observasi selama 30 menit yang dilanjutkan dengan pemberian kartu tanda telah divaksinasi. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.