UPI Gelar PPM daring bagi Guru Bahasa Indonesia

oleh -120 views
PELATIHAN: Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Depdiksatrasia) FPBS UPI Bandung mengadakan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Seri 5 secara daring bagi guru-guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan.

KUNINGAN-Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Depdiksatrasia) FPBS UPI Bandung mengadakan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Seri 5 secara daring bagi guru-guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan. Kegiatan secara daring ini merupakan puncak rangkaian PPM yang dimulai sejak 26 September.

Pada PPM kali ini ditangani oleh dua program studi. Khusus PPM Seri 1, 2 dan 5 berfokus pada penguatan kompetensi pedagogik guru, ditangani oleh Tim PPM Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang diketuai Dr Isah Cahyani MPd. Kemudian untuk PPM Seri 3 dan 4 berfokus pada penguatan kompetensi profesional guru, ditangani oleh Tim PPM Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia yang diketuai Dr Afi Fadlilah MHum. Bahkan dua tim PPM ini didanai langsung Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI TA 2020.

Sekretaris Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI Bandung, Dr Rudi Adi Nugroho MPd menuturkan, kegiatan ini merupakan kerja sama Depdiksatrasia FPBS UPI dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru Bahasa Indonesia yang terdiri atas 50 guru SMP dan 50 guru SMA.

“Kegiatan ini melibatkan 14 narasumber dosen Depdiksatrasia yang memberikan materi sesuai dengan bidang keahliannya. PPM daring ini dilaksanakan dengan menggunakan media Zoom Meeting,” ujar Rudi.

Menurutnya, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini berinteraksi secara daring dari tempat masing-masing. Para peserta berada di Kuningan, sedangkan panitia dan narasumber di Kota Bandung dan sekitarnya.

“Alhamdulillah secara umum pelaksanaan kegiatan secara daring ini berjalan lancar. Meski begitu, terkadang beberapa peserta mengalami kendala pada jaringan internet, namun para guru sangat antusias,” imbuhnya.

Dia beranggapan, kondisi tersebut disebabkan oleh kualitas jaringan internet yang berbeda-beda di tiap daerah tempat tinggal para peserta. Meski dilakukan secara daring, kegiatan PPM ini tetap memberikan kesan yang sangat positif bagi para peserta. Hal tersebut terlihat dari antusias para peserta saat mengikuti kegiatan ini. Para peserta mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru Bahasa Indonesia.

Seperti yang dikemukakan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kuningan, Andri Suandani SPd MSi. Andri mengaku, adanya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk wawasan para guru bahasa Indonesia khususnya di tingkat SMP. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para guru Bahasa Indonesia, untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar di sekolah. Kami berharap ada kegiatan lanjutan setelah ini,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua MGPM Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Kuningan Maman MPd. Pihaknya berterima kasih atas kegiatan yang digelar UPI Bandung.

“Kami berterima kasih kepada UPI yang telah menyeleggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami guru-guru Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan kegiatan kerja sama ini terus berlanjut ke depan,” katanya.

Sekadar diketahui, bahwa kegiatan PPM ini merupakan agenda rutin Depdiksatrasia UPI Bandung untuk mewadahi para dosen dalam melakukan salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Kerja sama Depdiksatrasia dalam berbagai kegiatan dengan para guru Bahasa Indonesia di berbagai daerah akan terus dilakukan. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.