Unisa MoU dengan Disnakan

oleh -6 views
KERJA SAMA: Rektor Unisa H Nurul Iman (kemeja batik) bersama Kadis Perikanan dan Peternakan Ir Bunbun Budhiyasa, telah menandatangani MoU, Rabu (3/3). Foto : Mumuh Muhyiddin/Radar Kuningan

KUNINGAN-Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan menjalin kerja sama (MoU) dengan Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Kuningan. Penandatanganan naskah perjanjian MoU tersebut berlangsung di Ruang Rektorat Unisa, Jalan Mayasih Nomor 11 Cigugur, Rabu (3/3).

Hadir secara langsung Rektor Unisa Kuningan H Nurul Iman Hima Amarullah SAg MSi, Kepala Disnakan Kabupaten Kuningan Ir Bunbun Budhiyasa didampingi Kabid Perikanan Denny Riyanto SPsi MSi.

Selain itu hadir pula Dekan Fakultas Teknik Unisa Jaenal Gopur Asmanul Salam SKom MSi, Kaprodi Teknik Pangan Unisa Suci Apsari Pebrianti STP MSc sert a Kabag Humas dan Kerja Sama Sopandi SPdI MPd.

Dalam forum tersebut, Nurul Iman menyampaikan apresiasinya kepada Disnakan Kabupaten Kuningan yang telah berkenan untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama dengan Unisa Kuningan. Menurutnya, melalui kerja sama itu pemerintah dan kampus bisa bersinergi mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Kuningan.

“Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, sebagai salah satu satuan kerja perangkat daerah, Disnakan Kabupaten Kuningan memiliki peran strategis dalam hal pembangunan bidang perikanan dan peternakan di Kabupaten Kuningan. Karena itu, kerja sama tersebut dinilai progresif dan akan menambah kekuatan sumber daya dalam mendukung visi misi tersebut.

“Kami (Unisa) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi dengan keberadaan Fakultas Teknik, yaitu Program Studi Teknologi Pangan, Informatika, dan Teknik Mesin, siap mendorong terwujudnya misi ke-4 Pemda Kuningan melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan yakni mewujudkan pembangunan untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat,” jelasnya.

Menurut Iman, Program Studi Pangan Unisa bisa masuk mendukung bidang perikanan dan peternakan melalui program pembinaan pengusaha di bidang tersebut terutama dalam hal pembinaan dan pendampingan pengelolaan pangan berbahan baku perikanan dan peternakan.

“Melalui penelitian dan pengabdian masyarakat, baik dosen dan mahasiswa Unisa bisa memberikan sumbangsih ide dan gagasan serta solusi bagi setiap persoalan yang terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Senada dengan Rektor Unisa, Kadis Perikanan dan Peternakan Kuningan Ir Bunbun menyampaikan apresiasinya serupa kepada Unisa. Pihaknya berharap kolaborasi tersebut bisa menambah kekuatan dalam mendukung pembangunan Kuningan sebagai kabupaten yang makmur, agamis, dan pinunjul berbasis desa.

“Unisa Kuningan memiliki potensi yang besar dan alhamdulillah hari ini saya dapat bersilaturahmi dengan keluarga besar Unisa. Di Unisa ada Program Studi Teknik Pangan yang akan berkolaborasi dalam pengembangan bidang perikanan dan peternakan,” ungkap Bunbun. 

“Potensi ini tentunya akan sangat baik dan bermanfaat bagi terwujudnya cita-cita besar pemerintah daerah Kabupaten Kuningan, lebih khususnya pada bidang perikanan dan peternakan,” imbuhnya.

Kemudian ia menjelaskan, kerja sama dengan Unisa meliputi beberapa ruang lingkup di antaranya bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, penggunaan sumberdaya manusia, optimalisasi SDM, pengembangan olahan pangan, serta pengembangan teknologi pangan dan budidaya perikanan dan peternakan.

“Program sinergis sudah berjalan antara kami dan Unisa. Semoga ke depan bisa terus dikembangkan demi tujuan bersama yakni Kuningan maju dan rakyatnya sejahtera,” pungkasnya. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.