Unisa Ditetapkan Sebagai Kampus Tertib Lalin

oleh -2 views
DITANDATANGANI: Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menandatangani prasasti pencanangan Universitas Islam Al Ihya sebagai kampus tertib lalu lintas, belum lama ini. FOTO: M taufik/radar kuningan

KUNINGAN – Polres Kuningan menunjuk Kampus Universitas Islam Al Ihya (Unisa) Kuningan sebagai percontohan kampus tertib lalu lintas. Penunjukkan ini didasarkan pada penilaian perilaku tertib lalu lintas (lalin) yang telah diterapkan oleh sivitas akademika dan lingkungan kampus.

Pencanangan kampus tertib lalu lintas tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas ke-66 tahun 2021 belum lama ini. Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya berkesempatan hadir meresmikan kampus Universitas Islam Al-Ihya Kuningan sebagai Kampus Tertib Lalu Lintas.

Dalam sambutannya, Kapolres Kuningan menyatakan dengan semakin bertumbuhnya suatu wilayah, maka seiring sejalan dengan terjadinya kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut. Sehingga jika tidak dilakukan upaya untuk tertib berlalu lintas yang dimulai dari diri sendiri, maka hal itu akan menjadi suatu ancaman banyaknya kecelakaan lalu lintas.

“Menurut data dari WHO, kecelakaan lalu lintas menempati urutan ketiga angka kematian tertinggi di dunia setelah jantung dan HIV/AIDS. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kecelakaan Lalu Lintas di jalan, diantaranya faktor pengendara, faktor lalu lintas, faktor jalan, faktor kendaraan dan faktor lingkungan seperti kondisi cuaca”, jelas Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, di Kabupaten Kuningan struktur dari geografisnya merupakan pegunungan dan perbukitan, dan hanya mempunyai satu jalan protokol yang terbagi menjadi dua jalur, satu jalur naik ke atas dan satu jalurnya lagi turun ke bawah, sehingga sangat rentan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Polres Kuningan akan terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Kuningan, Dinas Perhubungan dan Samsat, terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana lalu lintas guna menekan jumlah kecelakaan lalu lintas”, lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Kapolres memberikan apresiasi kepada Kampus Islam Al-Ihya, karena walaupun dalam masa pandemi Covid-19, terus berkreasi dan berprestasi sehingga mampu menjadi salah satu Kampus Tertib Lalu Lintas di wilayah Kab Kuningan.

“Semoga pencapaian ini dapat dijadikan sebagai pioneer dan influencer bagi kampus-kampus lainnya dan masyarakat pada umumnya dalam tertib berlalu lintas di jalan”, pungkasnya.

Selain peresmian kampus tertib lalu lintas, kegiatan tersebut juga diisi juga dengan berbagai kegiatan lain, seperti Safety Riding, vaksinasi masal tahap 1 dan 2, layanan service serta bagi-bagi helm secara gratis kepada sejumlah mahasiswa dan masyarakat sekitar. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.