Tradisi Pedang Pora Sambut AKBP Lukman

oleh -7 views
MENYAMBUT PEMIMPIN: AKBP Lukman didampingi istri memasuki Mapolres Kuningan disambut pedang pora. FOTO: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Upacara tradisi pedang pora menyambut kedatangan Kapolres Kuningan yang baru AKBP Lukman Syafri Dandel Malik saat tiba di gerbang Mapolres Kuningan, kemarin (20/2).

Wakapolres Kompol Hilman Muslim mengawali penyambutan bersama pasangan polisi cilik ikut menyambut kedatangan pimpinan tertinggi Polres Kuningan yang baru tersebut dengan mengalungkan karangan bunga melati. Selanjutnya AKBP Lukman pun berjalan melintasi pasukan pedang pora menuju Lobi Mapolres Kuningan sambil menyalami deretan para perwira dan anggota polres yang sudah siap sejak pagi hari.

Berbeda dengan biasanya, penyambutan kapolres baru kali ini tidak disertai pelepasan Kapolres lama AKBP Iman Setiawan. Pasalnya Iman tidak bisa hadir karena mendapat atensi dari Kapolri untuk penanganan kasus temuan radio aktif di tempat tugasnya yang baru Tangerang Selatan.

Setelah rehat dan berbincang dengan Wakapolres Kompol Hilman dan sejumlah perwira Polres Kuningan di lobi, acara dilanjut apel yang diikuti seluruh anggota Mapolres Kuningan di lapangan upacara. Apel yang berlangsung sekitar 10 menit tersebut, diisi dengan amanat pertama dari AKBP Lukman Syafri Dandel Malik kepada warga Polres Kuningan.

“Alhamduillah saya disambut baik di Polres Kuningan, saya berharap juga bisa disambut baik oleh warga Kabupaten Kuningan. Namun paling penting, kita bisa tetap membuat Kuningan ini tetap kondusif dan polisi makin dicintai masyarakat,” ungkap Lukman.

Dirinya berkomitmen, akan melanjutkan kebijakan dan program kegiatan dari kepemimpinan sebelumnya untuk makin ditingkatkan. Kemudian tetap menjaga kearifan lokal dalam hubungan yang baik dengan masyarakat, agar tercipta kondusifitas lingkungan di Kabupaten Kuningan.

“Saya kemarin sudah orientasi agar mengenal situasi di Kuningan, dan saya melihat ini kabupaten yang tenang, asri, cuaca juga adem, masyarakat ramah-ramah. Semoga dengan cuaca yang adem, situasi alam yang adem, kita semua juga bisa selalu adem,” ucapnya.

Sekadar informasi, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik  merupakan lulusan Akpol 1999 dengan segudang pengalaman. Dia pernah bertugas tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri.

Sebelum bertugas di Polres Kuningan, dia pernah bergabung dalam misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa Uni Afrika di Darfur (UNAMID). Hampir 14 bulan bertugas di Sudan, ia saat itu menjabat sebagai Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya.

Sedangkan tugas dalam negeri, Lukman sempat tergabung dalam Operasi Cinta Meunasah di Aceh pada tahun 2001, Operasi Sintuwu Maroso di Poso tahun 2002, Operasi Tegak Rencong I di Aceh tahun 2003, Operasi Rencong II Aceh tahun 2004, dan Operasi Mutiara XI Ambon tahun 2005. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.