Tarung Derajat Target Emas di Porda Jabar

oleh -45 views
DEMI EMAS: Cabang olahraga Tarung Derajat Kabupaten Kuningan menargetkan meraih medali emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat.

KUNINGAN–Cabang olahraga Tarung Derajat Kabupaten Kuningan menargetkan meraih medali emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat. Meski baru akan menjalani Babak Kualifikasi (BK) Porda Jabar, namun para atlet Tarung Derajat di Kuningan optimis lolos.

“Kita optimis lolos, rencananya BK Porda di Cirebon. Kita memang ditargetkan ada dua medali yang harus diraih, seperti pada Porda di tahun lalu yakni 2 medali perunggu. Nah seminimal mungkin kita bisa lebih dari itu, bahkan targetnya kita raih medali Emas,” kata Anton Budiyono, Pelatih Tarung Derajat, kepada awak media, kemarin (15/4).

Sejauh ini, lanjutnya, khusus olahraga Tarung Derajat memang sudah mempersiapkan atlet-atlet potensial. Adapun pelatihan-pelatihan atlet terbagi di beberapa zona seperti di wilayah Kota Kuningan, Mandirancan dan Cibingbin.

“Pelatihan kita hampir setiap hari, walaupun sedang berpuasa kita tetap latihan. Tempatnya di SC Uniku, kita berlatih teknik-teknik dasar, intinya kita melatih 5 unsur dari gerak yakni kecepatan, kekuatan, ketepatan, keulatan dan keberanian,” sebutnya.

Di samping menguasai teknik, kata Anton, harus pula dilatih spririt dan moral setiap atlet. Sebab di Tarung Derajat, atlet dilatih otot dan otak serta nuraninya.

“Tidak hanya ototnya saja kita latih, tidak hanya otaknya saja, tapi juga nuraninya kita latih. Jadi persiapan BK Porda ini, keseluruhan kita coba untuk mempersiapkan fisik, teknik, moral dan nurani setiap atlet. Sehingga pada saat bertarung, atlet tidak hanya asal bertarung saja, melainkan bisa menempa diri menjadi pribadi yang kuat mental dan berjiwa sportif,” ungkapnya.

Apalagi dalam pertandingan, setiap atlet Tarung Derajat tidak boleh memukul bagian belakang kepala lawan. Titik yang dapat dipukul adalah pada tubuh bagian depan dari area sabuk hingga ke atas.

“Tekniknya kita boleh memukul, menendang dan membanting. Dari semua unsur gerak di Tarung Derajat itu dipertandingkan, yang tidak boleh dilakukan itu tendangan lurus, itu di pertandingan Tarung Derajat tidak boleh saat pertandingan,” tandasnya.

Dia menyebut, nomor pertandingan di Tarung Derajat itu ada untuk kelas tarung putra dan putri, misalnya kelas 45kg ke bawah hingga 80kg ke atas. Adapun jumlah atlet yang dipersiapkan sebanyak 16 atlet di antaranya 7 orang di kelas tarung putra, 4 orang di tarung putri serta beberapa di nomor pertandingan lain.

“Ada juga pertandingan di kelas seni gerak. Insya Allah kami dari Kuningan akan mengirimkan atlet untuk tanding di seni gerak, tidak hanya untuk petarung tapi juga bertanding di seni gerak,” tutupnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.