Susun Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

oleh -8 views
BERBASIS ELEKTRONIK: Wabup HM Ridho Suganda SH MSi menghadiri kegiatan Kick Off Penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di ruang rapat Linggajati Setda Kuningan, kemarin (11/11).

KUNINGAN-Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi menghadiri kegiatan Kick Off Penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di ruang rapat Linggjati Setda Kuningan, kemarin (11/11). Kegiatan yang diadakan Diskominfo ini dihadiri pula Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Rektor Universitas Telkom Prof Dr Adiwijaya serta sejumlah pimpinan SKPD, Staf Ahli Bupati dan Kabag lingkup Setda Kuningan.

Wakil Bupati HM Ridho Suganda menyampaikan, jika SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE sebagimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2020 tentang SPBE.

“Agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan dengan baik, serta dapat mendukung pelaksanaan visi misi pimpinan dan bersinergi dengan program-program pemerintah pusat, maka perlu adanya perencanaan dalam pelaksanaannya. Dan Rencana Induk SPBE ini, merupakan syarat awal untuk mewujudkan Smart City,” papar Edo-sapaan akrab Wakil Bupati.

Terkait hal tersebut, penyusunan rencana induk SPBE merupakan tanggung jawab seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu, Wabup Edo meminta seluruh SKPD dapat bekerjasama dalam pelaksanaan di lapangan. “Sehingga penyusunan rencana induk SPBE tersebut dipastikan dapat mendukung visi misi pemerintah daerah,” imbuhnya.

Menurut wabup, tujuan dari penyusunan rencana induk SPBE ini adalah untuk memberikan arah SPBE yang terpadu dan berkesinambungan di lingkungan pemerintah daerah. Sehingga dapat memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan pelaku usaha.

“Namun untuk mewujudkan itu, perlu ditunjang jaringan internet yang memadai ke setiap pelosok di wilayah Kabupaten Kuningan,” tambah Edo.

Plt Kepala Diskominfo Kuningan Drs H Dadi Hariadi MSi menambahkan, bahwa penyusunan rencana induk SPBE bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Selain itu juga untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan TIK,” sebut Dadi.

Dalam pelaksanaan pengembangan SPBE, Diskominfo Kuningan pada kesempatan ini akan melakukan kesepakatan bersama (Mou) dengan Universitas Telkom Bandung dan Direktorat Kerja Sama dan Kantor Urusan Internasional Universitas Telkom, dalam pengadaan swakelola kajian rencana induk SPBE Pemerintah Kabupaten Kuningan. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.