SMKN 1 Japara Bakal Miliki Teaching Factory

oleh -89 views
KUNJUNGAN KCD: Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah X Ester Miori Dewayani usai berdiskusi dengan jajaran pegawai SMKN 1 Japara, kemarin (4/3).

KUNINGAN– SMKN 1 Japara Kabupaten Kuningan dalam waktu dekat bakal me-launching teaching factory Bina Nepan. Hal ini terlihat dari aktivitas di lingkungan sekolah yang berbeda dari hari-hari biasanya. Sebab beberapa anak sekolah berpakaian seperti mekanik salah satu perusahaan motor raksasa di Tanah Air. Mereka terlihat sibuk merapikan ruangan, bahkan beberapa di antaranya berkomunikasi dengan tamu dan sebagian lagi memberikan pelayanan terhadap kedatangan para konsumen.

Pemandangan tersebut ternyata adalah aktivitas terbatas siswa SMKN 1 Japara yang sedang melakukan persiapan untuk launching teaching factory Bina Nepan. Karena kebetulan tengah dilakukan monitoring oleh  Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah X Ester Miori Dewayani dan Pengawas Pembina Tamzil di Kecamatan Japara. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah X Ester Miori Dewayani berdiskusi dengan jajaran pegawai sekolah. Dia mengatakan, teaching factory merupakan sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis. Hal ini untuk menjawab tantangan perkembangan industri saat ini, serta membawa suasana  industri ke sekolah.

“Sehingga nantinya bisa menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya, kemarin (4/3).

Sementara Kasubag SMKN 1 Japara Yanto Novriyanto didampingi Wakahubinmas SMKN 1 Japara Jaelani menuturkan, teaching factory ini merupakan kolaborasi jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) serta Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL).

“Jadi ketiga jurusan ini berkolaborasi dalam pelayanan bengkel motor dan penjualan,” terangnya.

Dia menyebutkan, lokasi teaching factory sendiri akan ditempatkan di bengkel SMKN 1 Japara. Tepatnya berada di pertigaan Desa Japara. “Dalam pelaksanaan nanti, bengkel ini dikawal oleh mekanik handal dari Daya Motor Honda. Kemudian akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di daerah Japara dan sekitarnya,” kata dia.

Pihaknya berharap, dengan munculnya bengkel profesional di Japara tidak saja menjadi lahan bisnis, melainkan akan menjadi motivasi  juga bagi siswa untuk terus belajar dan motivasi untuk berwiraswasta. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.