Sambut Imlek, Klenteng Kun An Tong Berbenah

oleh -25 views
KERJA BAKTI: Pengurus Klenteng Kun Antong Toto melakukan kegiatan bersih-bersih klenteng untuk menyambut imlek jatuh pada tanggal 12 Februari. FOTO: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN-Pengurus Yayasan Tridharma Klenteng Kun An Tong Kuningan mulai mempersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 12 Februari mendatang dengan melakukan kegiatan bersih-bersih dan menghias lingkungan klenteng dan altar serta persiapan kegiatan bakti sosial.

Pengurus Klenteng Kun Antong Toto Heryanto mengatakan, kegiatan bersih-bersih klenteng untuk menyambut imlek sudah dilaksanakan sejak sepekan lalu. Kondisi pandemi saat ini, mengharuskan pelaksanaan bersih-bersih pun dilakukan secara protokol kesehatan dengan hanya melibatkan sejumlah pengurus saja agar tidak terjadi kerumunan.

“Sepekan yang lalu kami sudah mandikan patung-patung dewa, dilanjutkan pembersihan lingkungan klenteng. Namun karena pandemi, kegiatan persiapan ini kami lakukan oleh beberapa pengurus saja,” kata Toto kepada Radar, kemarin.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan klenteng, kata Toto, merupakan kebiasaan rutin setiap menjelang perayaan Imlek. Selain itu, pihaknya juga tengah disibukkan dengan kegiatan penghimpunan sumbangan baik beras dan uang dari jemaat untuk kegiatan sosial pada beberapa hari menjelang Imlek.

“Yang kami lakukan saat ini juga adalah menampung sumbangan dari warga Thionghoa yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial nanti. Ada yang menyumbang dalam bentuk beras dan uang, untuk kemudian dibagikan untuk warga kurang mampu di desa maupun di sekitar klenteng,” ungkap Toto.

Menurut Toto, kegiatan sosial bagi-bagi sembako menjelang hari Imlek merupakan tradisi Klenteng Kun An Tong setiap tahunnya. Paket sembako yang dibagikan, kata dia, berasal dari hasil sumbangan warga Tionghoa yang memiliki usaha di Kuningan juga perantauan untuk sekedar berbagai dengan sesama.

“Bedanya tahun ini kita sedang pandemi Covid-19, jadi pelaksanaan pembagian sembako nanti kemungkinan dengan cara jemput bola. Jika sebelumnya pembagian dilakukan dengan mengundang warga datang ke klenteng, tahun ini kami yang mendatangi warga yang membutuhkan,” ujar Toto.

Bahkan, lanjut Toto, pada malam Imlek nanti pun tidak ada kegiatan peribadatan seperti yang biasa terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya telah mengumumkan kepada jemaat klenteng untuk melaksanakan ibadah malam tahun baru di rumah masing-masing saja. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.