RS Full karena Tak Takut Berobat, Komisi IX DPR RI Sosialisasikan JKN di Kabupaten Kuningan

oleh -7 views
KUNJUNGAN KERJA. Anggota DPR RI dari Komisi IX melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kuningan.

KUNINGAN – Sekarang setiap orang bisa berobat ke rumah sakit tanpa mengeluarkan biaya besar. Asalkan memiliki kartu BPJS Kesehatan dengan membayar iuran yang cukup terjangkau setiap bulan.

“Karena sekarang hanya dengan BPJS Kesehatan, orang hanya punya uang tiap bulan Rp42 ribu saja bisa berobat, bisa cuci darah seminggu dua kali dan sebagainya. Sehingga karena ketidaktakutan orang ke rumah sakit (RS) itu, menjadikan rumah sakit sekarang full,” ungkap Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Hj Nihayatul Wafiroh MA kepada awak media, usai sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional di Gedung IPHI Kuningan, Rabu (20/10).

Oleh sebab itu, Ia menekankan, hal yang perlu diperbaiki saat ini yakni kaitan dengan fasilitas kesehatan di setiap rumah sakit.

Dalam sosialisasi itu, Komisi IX DPR RI bersama BPJS Kesehatan memberi materi soal JKN terhadap peserta dari mahasiswa hingga masyarakat umum. Langkah ini pun dianggap sebagai wujud nyata untuk mendukung program nasional melalui JKN.

“Ini adalah kegiatan yang kami laksanakan Komisi IX dengan mitra kami yakni BPJS Kesehatan. Kita mensosialisasikan tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seperti BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, BPJS Kesehatan ini menjadi penting dalam rangka membantu masyarakat. Bagaimana BPJS Kesehatan ini harus betul-betul bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

“Kemudian apa sih masalahnya sekarang ini, kenapa orang banyak komplain soal BPJS itu. Kenapa kalau pakai BPJS itu berobat semakin lama, tidak ditangani dengan baik dan sebagainya,” ujar Nihayatul Anggota Fraksi PKB dari Dapil Jawa Timur III tersebut.

Anggota Fraksi PKB DPR RI Yanuar Prihatin menambahkan, apabila sosialisasi yang dilakukan Komisi IX bersama mitra kerjanya di Kuningan, sebagai niatan baik untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kesehatan.

“Ini bagian dari niat baik kita semua, agar masyarakat kita sehat wal afiat. Maka kesadaran akan pentingnya kesehatan ini harus terus disosialisasikan, termasuk menyampaikan bahwa pemerintah di bawah kepemimpinan Pak Jokowi mempunyai program soal itu, khusus soal ngurusin kesehatan warga,” ungkapnya.

Dia menyebut, program pemerintah pusat yang mengurusi soal kesehatan itu dikemas melalui Jaminan Kesehatan Nasional. Tentunya dikoordinir melalui BPJS Kesehatan.

“Hari ini BPJS Kesehatan hadir, dan Ibu Nihayatul Wafiroh ini salah satu pimpinan Komisi IX di DPR RI, dan beliau sangat menguasai soal ini dan kehadiran beliau juga bagian penting dari mensosialisasikan pentingnya kita berpartisipasi menyukseskan program JKN. Mudah-mudahan ini menjadi spirit bahwa kita menyukseskan program ini bersama-sama, percayalah bahwa program ini untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.