Ribuan Personil Siap Amankan Pilkades Serentak

oleh -168 views
Lebih dari 3.000 personil dari unsur Polri, TNI, Satpol PP hingga Linmas siap dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 3 November mendatang. FOTO: M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Lebih dari 3.000 personil dari unsur Polri, TNI, Satpol PP hingga Linmas siap dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 3 November mendatang.

Kesiapan personil tersebut terlihat dari pelaksanaan giat apel gelar pasukan dengan sandi “Operasi Pamong Linggar 2019” di halaman Mapolres Kuningan, Rabu (23/10). Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan hadir langsung sebagai pimpinan apel, dan tampak hadir pula Bupati Kuningan Acep Purnama, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri dan Kasdim Kuningan serta sejumlah pejabat kepala dinas.

“Jumlah desa di Kabupaten Kuningan yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun ada 203 desa, yang dalam pelaksanaannya memerlukan pengamanan yang cukup ekstra serta membutuhkan banyak personel pengamanan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya polisi tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus bersinergi dengan instansi terkait agar pilkades terlaksana dengan baik. Terlebih setiap tahapan pilkades terdapat potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian,” kata Kapolres Iman.

Dikatakan Iman, sedikitnya lebih dari 3.000 personil telah disiapkan untuk mengamankan setiap tahapan Pilkades di Kabupaten Kuningan. Disebutkan Iman, jumlah personil Polres Kuningan yang telah disiapkan sebanyak 600 anggota lebih ditambah bantuan dari Polres Cirebon Kabupaten, Brimob dan Polda Jabar yang jumlahnya hampir 1.000 orang. Selain itu juga dilibatkan personil dari Kodim, Denpom dan juga Satpol PP, Dishub hingga Linmas.

“Setelah gelar pasukan ini, setiap personil langsung menempati tempat tugas masing-masing untuk pengamanan sesuai tahapan Pilkades mulai dari pendaftaran, seleksi, kampanye, masa tenang hingga proses pencoblosan dan penghitungan suara. Termasuk mengamankan potensi kerawanan pasca penghitungan suara hingga penetapan pemenangnya,” ungkap Iman didampingi Kabag Ops Kompol Erawan Kusmayadi.

Dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, kata Iman, sekaligus untuk semakin memantapkan koordinasi dengan semua unsur, mempersiapkan diri agar dapat bekerja sama dengan baik, memahami tugas dan tanggungjawab serta memahami lingkungan tempat tugas dan mempelajari dinamika sosial yang ada.  Dengan demikian seluruh personil bisa melaksanakan tanggungjawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam pelaksanaan tugas.

Dengan kesiapan tersebut, Kapolres berharap jalannya Pilkades serentak di Kabupaten Kuningan yang tinggal menghitung hari bisa berjalan aman, lancar dan kondusif. Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta menjaga kondusifitas dan melaksanakan proses Pilkades di wilayahnya masing-masing secara demokratis, jujur dan adil.

“Laksanakan komitmen deklarasi damai yang menyatakan setiap calon siap kalah dan siap menang. Menjadi kewajiban semua pihak untuk menjaga pelaksanaan Pilkades serentak ini agar berjalan sukses, aman tanpa ekses,” harap Kapolres. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.