Ratusan Remaja Masjid Ikuti LMD

oleh -17 views
Ratusan pemuda remaja masjid mengikuti kegiatan Latihan Manajemen Dakwah (LMD) di Masjid Syiarul Islam Kuningan. FOTO: IST

KUNINGAN-Ratusan pemuda remaja masjid mengikuti kegiatan Latihan Manajemen Dakwah (LMD) di Masjid Syiarul Islam Kuningan. Kegiatan ini digagas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kuningan, bertujuan untuk mewujudkan kader-kader dakwah dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 saat ini.

Sejumlah pemateri berkompeten dari pengurus pusat LPPSDM DPP BKPRMI disiapkan yaitu Ari Wibowo SSi, Ferdian ST, dan Yayan Nurjaman. Kegiatan ini juga dibuka langsung Kabag Kesra Setda Kuningan Toni Kusumanto AP MSi.

Ketua BKPRMI Kuningan Insan Nulyaman MPdI menuturkan, LMD ini untuk menghadirkan standar kompetensi anggota atau pengurus BKPRMI sebagai acuan dalam mengembangkan dan menjamin kualitas remaja masjid. Tentunya, adanya LMD dapat mencetak pemuda remaja masjid yang siap mengemban tugas dakwah sebagai bagian dari syiar Islam.

“Kita ingin mendidik generasi Islam khususnya pengurus BKPRMI dalam menyebarluaskan dakwah Islam. Sehingga dapat membentuk kader-kader profesional dan cakap, sekaligus memiliki wawasan dan keterampilan kemasjidan,” terangnya.

Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan yakni matrikulasi, taklim tsaqofiah dan diskusi, serta coaching clinic. Matrikulasi itu berupa program intensifikasi penyampaian materi yang diperlukan, sehingga memahami BKPMRI dan dakwah secara utuh. “Sedangkan taklim tsaqofiah dan diskusi berupa beda materi tentang BKPRMI dan manajemen dakwah. Kemudian coaching clinic yakni berupa media konsultasi para peserta,” imbuhnya.

Dakwah merupakan kewajiban setiap mukallaf baik pria maupun wanita. Setiap manusia memiliki potensi yang terpendam dalam diri masing-masing, sehingga harus dioptimalkan agar meraih kesuksesan dalam berdakwah.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kuningan Toni Kusumanto AP MSi menyambut baik kegiatan tersebut. Bahkan latihan bagi pengurus remaja masjid ini perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas dalam berdakwah.

“Acara ini penting dan harus dilakukan sebagai kapasitas untuk ustad dan ustadah di Kabupaten Kuningan. Sebab jarang sekali kegiatan semacam ini dilakukan, dan insya Allah kami mendukung Latihan Manajemen Dakwah agar digelar secara rutin,” tutupnya. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.