Ratusan Mahasiswa Baru Ikuti OAB IMK Cirebon

oleh -11 views
ORIENTASI: Bupati H Acep Purnama didampingi Camat Kramatmulya Guruh Irawan Z, saat menghadiri acara pembukaan OAB IMK Cirebon di Balai Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, kemarin siang (4/12). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Ratusan mahasiswa baru asal Kuningan yang merantau di Cirebon, mengikuti kegiatan Orientasi Anggota Baru (OAB) Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon selama beberapa hari ke depan.

Acara OAB IMK Wilayah Cirebon ini, diselenggarakan di Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya. Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH didampingi Camat Kramatmulya Guruh Irawan Zulkarnaen SSTP MSi, membuka langsung acara yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Cikaso, Jumat (4/12) siang.

Tampak hadir sejumlah senior IMK dalam pembukaan OAB tersebut. Di antaranya H Topic Offirstson MPd MSi yang kini menjabat Ketua DPD Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten Kuningan. Ia sekaligus memberikan materi tentang sejarah IMK Cirebon, terlebih Topic sendiri merupakan pencipta Hymne IMK sewaktu Sekretariat IMK berlokasi di Kompleks P & K, belakang kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

OAB sendiri merupakan agenda rutin tahunan IMK Wilayah Cirebon, dalam rangka mempersatukan para mahasiswa baru asal Kabupaten Kuningan, yang sedang menimba ilmu kuliah di sejumlah perguruan tinggi yang ada di wilayah Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati H Acep Purnama SH MH, menyampaikan bahwa keberadaan mahasiswa sebagai kaum intelektual harus bisa membawa perubahan yang nyata dalam kehidupan bermasyarakat, yang nantinya akan dipersiapkan untuk 10 – 20 tahun ke depan. Kampus melalui organisasi IMK ini, kata dia, harus dapat berinteraksi dengan dunia luar, sehingga akan semakin menambah wawasan.

“Selain itu juga dapat membantu kerja sama yang bermanfaat setelah menyelesaikan studi. Sebagai sebuah organisasi kedaerahan, IMK mempunyai peluang untuk mengakomodir anggotanya agar dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, baik untuk kepentingan organisasi itu sendiri maupun masyarakat,” pesan Bupati.

Sementara itu, Yayat Hidayatullah selaku Ketua IMK Wilayah Cirebon mengatakan, setiap organisasi perlu untuk memegang erat kekeluargaan tanpa perlu untuk memandang ras, suku, maupun agama. Maka dari itu, kata Yayat, dengan adanya kegiatan OAB IMK tersebut, mahasiswa baru akan diajarkan bagaimana caranya untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi yang dimiliki, dengan tetap mengajarkan kaidah-kaidah organisasi yang baik dan benar.

“Kami merupakan organisasi yang di dalamnya memegang erat kekeluargaan tanpa memandang golongan. Kita tetap sauyunan (kebersamaan, red) dan solid di tanah rantau (Cirebon, red), sebagaimana organisasi pengkaderan adalah hal yang wajib dilaksanakan oleh setiap organisasi, yang diringkas dalam OAB IMK,” kata Yayat bersemangat.

OAB IMK, kata Yayat, berupaya untuk menghubungkan pengkaderan tersebut, sebagai gerbang awal para anggota baru IMK Cirebon untuk belajar meningkatkan potensi dan mengembangkan bakat. Ia menyebut visi IMK Wilayah Cirebon periode ini, mengangkat prosa, yakni berkemajuan dalam inovasi dan berkelanjutan dalam berkarya.

“Tujuannya adalah untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Kuningan. Maka dari itu, kita harus tetap berprosa agar kita tetap ada,” ujar Yayat berapi-api.

Selain dihadiri Bupati Acep dan Camat Guruh, pembukaan OAB IMK Wilayah Cirebon juga disambut baik tuan rumah, dengan hadirnya Kepala Desa Cikaso Hidayat SE MSi. Tak ketinggalan jajaran pengurus IMK Wilayah Cirebon, serta undangan lainnya. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.