Ramai-ramai Cek Golongan Darah

oleh -18 views
cek goldar gratis
PERIKSA DARAH: Sejumlah warga melakukan pemeriksaan golongan darah gratis dalam acara sosial bertajuk Sehat Bersama RSUD Linggajati di Balai Desa Bandorasa Wetan, kemarin. Foto: m taufik/radar kuningan

KUNINGAN –RSUD Linggajati mengadakan donor darah dan pemeriksaan golongan darah di Aula Desa Bandorasa Wetan, kemarin (21/7). Warga pun menyambutnya antusias.

Kegiatan sosial ini bertajuk Sehat Bersama RSUD Linggajati. Diikuti sedikitnya 100 warga. Dari remaja, dewasa hingga lanjut usia. Merka memeriksakan golongan darahnya untuk kebutuhan kelengkapan data di e-KTP.

“Saya lupa golongan darah saya apa, makanya di e-KTP masih setrip. Alhamdulillah hari ini ada pemeriksaan darah gratis, nanti setelah tahu golongan darahnya saya akan uruskan ke disdukcapil,” ungkap Suroso (57), warga Bandorasa Wetan.

Direktur RSUD Linggajati dr Edi Martono mengatakan, pemeriksaan golongan darah dan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial RSUD Linggajati untuk warga sekitar rumah sakit. Banyak manfaat yang bisa didapat dari pemeriksaan golongan darah. Selain untuk informasi pribadi, juga untuk kesehatan. Bahkan untuk inventarisasi data bank darah di Desa Bandorasa Wetan. Nantinya sangat berguna bila ada warga yang mengalami kedaruratan membutuhkan transfusi darah.

“Bisa diatasi tanpa harus jauh datang ke kantor PMI,” ungkap Edi didampingi Kabag Umum dan Keuangan Ferry Agustriana dan Kasi Yankes dr Eddy Syarief.

Edi pun mengapresiasi antusias masyarakat untuk memeriksakan golongan darahnya cukup tinggi. Terbukti, dari target pemeriksaan untuk 50 warga ternyata yang datang hingga mencapai 100 orang. Yang melakukan donor darah pun lumayan banyak.

” Insya Allah ini akan menjadi kegiatan rutin kami. Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan untuk daerah lain di sekitar RSUD Linggajati seperti Bojong, Bandorasa Kulon, Linggarjati ataupun Sangkanurip,” ujar Edi.

Sementara itu, Kepala Desa Bandorasa Wetan Arahmat mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosial RSUD Linggajati sangat bermanfaat untuk warganya. Menurut Arahmat, kegiatan sosial ini sangat dibutuhkan warga terutama untuk kelengkapan data administrasi kependudukan mereka. Karena banyak warga yang belum tahu golongan darahnya. Maka di e-KTP kolom golong darah tanpa keterangan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut untuk memfasilitasi warga lain yang hari ini tidak bisa hadir. Dan yang lebih penting lagi, dari kegiatan ini menambah data bank darah di desa kami kini semakin lengkap,” ujar Arahmat. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.