Petugas Lakukan Pengawasan di 10 Titik

oleh -41 views
MONITORING: Petugas gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP melakukan monitoring terhadap keramaian swalayan di Jalan Siliwangi Kuningan, kemarin. FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Menjelang penerapan new normal atau kehidupan normal baru, Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kuningan melakukan pengawasan di 10 titik pusat keramaian. Di tiap titik disiagakan sejumlah petugas keamanan dari TNI/Polri dan Satpol PP.

Sepuluh titik pos pengawasan protokol kesehatan tersebar di pusat perbelanjaan modern, pasar tradisional, dan rumah sakit. Mereka tanpa lelah melanjutkan kerja sebagaimana yang selama ini dilakukan baik dalam penerapan KWP (Karantina Wilayah Parsial) di Kuningan maupun PSBB.

Para petugas ini setiap harinya melakukan monitoring penggunaan masker, kemudian mengawasi kepatuhan pengelola pusat perbelanjaan dalam mematuhi standar protokol kesehatan, seperti kapasitas pengunjung di dalam swalayan yang memenuhi standar social distancing.

Seperti yang dilakukan petugas gabungan di pos penegakan disiplin Jalan Siliwangi, Selasa siang (2/6). Petugas dari Kodim 0615/Kuningan, Pelda Cawa bersama petugas dari Polres dan Satpol PP berkeliling melakukan monitoring pengunjung sejumlah swalayan di jalan Kuningan kota tersebut.

Di setiap swalayan dan toko pakaian yang ramai di jalan ini, umumnya para pengelola telah menyiapkan sejumlah fasilitas protokol kesehatan di pintu masuk. Seperti tersedianya tempat mencuci tangan dan thermogun pendeteksi suhu tubuh.

Selain itu, pengelola swalayan juga menyediakan tenda serta kursi di halaman pintu masuk sebagai tempat tunggu para pengunjung. Jika sewaktu-waktu jumlah pengunjung dinilai melebihi batas, maka diharuskan mengantre sambil duduk di kursi-kursi yang telah disediakan pengelola.

Selain monitoring oleh Satgas Covid-19, petugas keamanan dari masing-masing swalayan atau toko modern ini juga melakukan hal yang sama guna mengawasi penerapan protokol kesehatan. Hal itu tak lain dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kerumunan orang.

Menurut Pelda Cawa, petugas gabungan dari pemda, Kodim 0615/Kuningan, Polres dan Satpol PP, bertugas untuk melakukan pengawasan dan penegakan disiplin. Hal itu dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Pihaknya mengimbau kepada para pengunjung agar tetap mengenakan masker dan menjaga jarak dalam berbelanja, sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita berputar di lingkungan pasar dan juga toko swalayan di Jalan Siliwangi ini. Untuk sementara kita melakukan pengawasan di 10 titik, seperti mal, pasar, dan rumah sakit,” jelas Cawa.

Sementara itu, suasana di sejumlah swalayan ternama dan pasar tradisional Kuningan terpantau ramai dengan pengunjung, meskipun tidak seramai sebelum mewabahnya pandemi Covid-19. Selain petugas gabungan, pengelola pun tak henti memberikan peringatan kepada pengunjung untuk tetap mengenakan masker dan menjaga jarak aman. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.