Petugas Damkar Tangkap Ular Kobra di Kandang Ayam

oleh -3 views
TANGKAP ULAR: Petugas Damkar Kuningan menunjukkan ular sendok jawa alias Javan Spitting Cobra yang ditangkap dari kandang ayam milik warga di Kelurahan Awirarangan, Minggu (13/6) malam. FOTO: M taufik/radar kuningan

KUNINGAN-Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan mengeksekusi seekor ular jenis kobra berukuran cukup besar yang masuk ke kandang ayam milik warga, Minggu (13/6) malam.

Berdasarkan informasi dihimpun, penangkapan ular tersebut dilakukan di sebuah kandang ayam milik Acung Arianto di Kelurahan Awirarangan, Blok Pakuwon, Kecamatan Kuningan, sekitar pukul 19.20 WIB. Kala itu Acung melihat seekor ular cukup besar masuk ke dalam kandang ayam di belakang rumahnya.

Atas laporan ini, dua petugas Damkar memenuhi panggilan warga tersebut dan langsung melakukan pencarian ular yang bersembunyi di salah satu kandang ayam. Dengan menggunakan tongkat khusus, petugas pun akhirnya berhasil menangkap ular sendok jawa tersebut dan memasukkannya ke dalam karung.

“Ularnya cukup besar dengan panjang mencapai 1,5 meter. Ternyata ini jenis ular sendok jawa atau Javan Spitting Cobra. Ular ini adalah salah satu jenis kobra yang mampu menyemprotkan racun bisa ke arah pengganggunya dan cukup berbahaya,” ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti kepada Radar.

Atas kejadian tersebut, Khadafi mengapresiasi kesigapan warga yang melaporkan keberadaan ular yang masuk ke lingkungan warga ke kantor Damkar sehingga bisa segera ditangani. Dikatakan, tugas Damkar tidak hanya menanganai kebakaran, namun juga selalu siap membantu menangani segala kedaruratan seperti mengusir sarang tawon, binatang ternak masuk parit termasuk ular masuk rumah.

“Kami selalu siap membantu menangani kedaruratan di masyarakat, tidak hanya saat kejadian kebakaran. Kalau ada kejadian pohon tumbang atau ada kuda terperangkap masuk parit hingga ular masuk rumah silakan lapor kepada kami, dan kami siap mengatasi dengan sepenuh hati dan tanpa biaya alias gratis,” tegas Khadafi. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.