Peringati HSN, Santri Kibarkan Merah Putih

oleh -5 views
HARI SANTRI: Para santri mengikuti upacara di halaman Setda Kuningan memperingati Hari Santri, kemarin (22/10).FOTO: ISTIMEWA/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Upacara peringatan hari besar nasional kali ini cukup berbeda. Pasalnya, petugas upacara melibatkan langsung para santri di Kabupaten Kuningan.

Kegiatan upacara di halaman Setda Pemkab Kuningan ini untuk memperingati Hari Santri Nasional. Bupati H Acep Purnama SH MH berkesempatan langsung menjadi pembina upacara.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep membacakan langsung sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dengan tema Santri Siaga Jiwa Raga. Presiden Joko Widodo sendiri telah resmi menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri Nasional.

Upacara peringatan diikuti pula Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Pimpinan Forkopimda, Pimpinan SKPD, Camat hingga alim ulama dan Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Kuningan. Hari Santri ini hendaknya dijadikan sebuah momentum kebersamaan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Maksud tema Santri Siap Siaga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia, agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raganya untuk membela tanah air. Sekaligus mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia,” kata Bupati Acep, kemarin (22/10).

Menurutnya, tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi seperti sekarang ini. Sebab kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan Covid-19.

“Hal ini juga perlu diperhatikan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan bangsa Indonesia. Terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” harapnya.

Pihaknya mengajak, agar seluruh peserta upacara untuk mendoakan para pahlawan bangsa, khususnya dari kalangan para ulama, kiai dan santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2021 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT,” ucapnya.

Tak lupa, Ia menyampaikan, rasa terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat atas suka cita merayakan Peringatan Hari Santri 2021. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.