Peran Strategis Karang Taruna Bangun Daerah

oleh -10 views
Raker karang taruna (3)
BUKA RAKER: Bupati H Acep Purnama membuka rapat kerja pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan, kemarin (8/3). FOTO: agus panther/radar kuningan

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH menegaskan, organisasi karang taruna memiliki peran strategis berdaya dan berkarya untuk membantu menyukseskan pembangunan daerah. Hal ini disampaikan Bupati Acep saat menghadiri rapat kerja (raker) Karang Taruna Kabupaten Kuningan di Aula SLBN Taruna Mandiri Desa Sampora, Minggu (8/3).

“Karang taruna punya posisi strategis berdaya dan berkarya untuk membantu menyukseskan pembangunan. Posisi karang taruna di tingkat desa punya hak anggaran untuk kegiatan, memunculkan kreativitas dan inovasi serta cakap menangkap potensi-potensi yang bisa dikembangkan di desa agar bisa menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat di tengah masyarakat. Jika ada masyarakat penerima manfaat di desa, saya berharap ada peran karang taruna di situ,” kata Bupati Acep di hadapan pengurus karang taruna se-Kabupaten Kuningan.

Menurutnya, sesuai dengan tema rapat kerja, bahwa berdaya dan berkarya harus dilakukan sebagai kewajiban. Hal ini untuk bersama-sama mewujudkan visi misi pemerintah daerah menuju Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa.

“Kalau kita mau berdaya pasti akan menghasilkan karya, selama ada kemauan pasti ada pula kemampuan, bisa karena biasa. Karang taruna diharapkan dapat memunculkan ide, gagasan yang cerdas, yang bermanfaat dan baik, tidak hanya untuk pribadi akan tetapi untuk orang lain. Ketika ada laporan dari masyarakat terkait hal apapun, harus cepat ditanggapi, dengan turun langsung ke masyarakat, kerjakan hingga tuntas dan iringi dengan hati yang ikhlas,” imbaunya.

Posisi karang taruna begitu strategis di tengah-tengah masyarakat. Posisi karang taruna sangat penting untuk ikut menyukseskan pembangunan di Kabupaten Kuningan. “Suksesnya pembangunan daerah, sukses dari desanya dan kecamatannya. Karang taruna juga harus bisa memetakan wilayahnya, untuk pemetaan potensi yang ada di Kabupaten Kuningan,” terangnya.

Dikatakan, mengembangkan kreativitas saat ini begitu mudah, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Kreativitas dan inovasi harus ditangkap dan dikembangkan. “Tumbuhkan kreativitas dan berikan motivasi kepada pemuda-pemuda melalui karang taruna,” pintanya.

Terkait wabah virus corona, Bupati Acep berpesan agar Karang Taruna Kabupaten Kuningan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap tenang namun waspada. Hal ini agar masyarakat tidak panik berlebihan, dengan begitu banyak pemberitaan terkait dengan wabah corona. “Karena Kabupaten Kuningan telah membuat langkah antisipasi, untuk mengatasi permaslahan wabah tersebut. Saya mengimbau agar pengurus karang taruna dapat menyampaikan ke masyarakat terkait ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Kuningan aman, masker juga tersedia, kemudian pemakaian masker dikhususkan bagi yang sedang mengalami sakit flu dan batuk, serta pemeriksaan kesehatan maupun fasilitasi kesehatan sudah siaga,” ujarnya.

Terakhir, Bupati Acep menekankan agar semua masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih dan selalu membiasakan diri cuci tangan menggunakan sabun. Dalam raker ini, hadir juga Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Purnama, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Elon Carlan. Berdasarkan jadwal, raker ini berlangsung satu hari dan membahas rencana kerja karang taruna ke depannya.

“Kegiatan ini berlangsung satu hari diikuti ketua dan sekretaris karang taruna kecamatan. Alhamdulillah pak bupati berkenan membuka raker Karang Taruna,” ujar Elon. (ags)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.