Pemkab Serius Tanggulangi Kemiskinan

oleh -5 views
Wabup Kuningan HM Ridho Suganda

KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Kuningan serius dalam penanggulangan kemiskinan di masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan pembekalan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) tingkat kecamatan sewilayah Kuningan di aula Kantor Bappeda Kuningan, kemarin (16/9).

Menurut Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, dalam upaya penanggulangan kemiskinan, pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya melalui berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan SKPD maupun kolaborasi dengan stakeholder terkait. Hanya saja masih memiliki banyak keterbatasan baik dari segi pendanaan, koordinasi maupun inovasi.

“Kemiskinan merupakan permasalahan yang bersifat multipihak dan multidimensi. Penanganan tidak dapat dilakukan secara parsial, tetapi memerlukan kolaborasi berbagai komponen, tidak dapat dianalisa secara fisik atau materi semata yang diukur dengan pendapatan,” kata Wabup Edo, sapaan akrab Wakil Bupati Kuningan.

Selaku Ketua TKPK Kabupaten Kuningan, Edo meminta agar koordinasi dan kolaborasi di berbagai level pemerintahan termasuk desa harus terus ditingkatkan.

“Namun di sisi lain, solidaritas sosial masyarakat pun harus terus ditingkatkan. Sebab memerangi kemiskinan tidak bisa diletakan pada satu pundak pemerintah daerah atau masyarakat, tetapi harus diletakkan di atas pundak kita bersama,” ujarnya.

Ia mengingatkan pula, dibentuknya TKPK tingkat kecamatan adalah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kuningan. TKPK tingkat kecamatan merupakan garda terdepan dalam kerja penanggulangan kemiskinan, khususnya di wilayah kecamatan masing-masing.

“Pertimbangan dari dibentuknya TKPK kecamatan ini, adalah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Sehingga perlu dilaksanakan koordinasi dan kolaborasi antar lintas sektor, serta pemangku kepentingan secara terpadu dan berkesinambungan sampai level bawah,” ungkapnya.

Kepala Bappeda Kuningan Ir Usep Sumirat menambahkan, bahwa kegiatan pembekalan TKPK tingkat kecamatan dimaksudkan sebagai wahana konsolidasi dan penyamaan persepsi. Hal ini dalam rangka pelaksanaan kerja penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kuningan.

“Harapan kami, dalam kegiatan pembekalan ini dapat terwujudnya koordinasi dan sinergitas dalam pelaksanaan penanggulangan kemiskinan pada berbagai level pemerintahan di Kuningan. Sekaligus memperkuat kapasitas kelembagaan dalam penanggulangan kemiskinan, sehingga dapat terwujud lembaga yang lebih kuat dengan tingkat kinerja yang lebih baik,” ucapnya.

Kegiatan yang diikuti para camat dan sekmat sewilayah Kuningan ini menghadirkan narasumber dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden RI.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.