Pemkab Kampanyekan Aksi Pungut Sampah

oleh -138 views
Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Purnama mengampanyekan gerakan memungut sampah untuk menjaga kebersihan. FOTO:AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN
Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Purnama mengampanyekan gerakan memungut sampah untuk menjaga kebersihan. FOTO:AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Gerakan peduli kebersihan lingkungan kembali digaungkan pemerintah daerah. Kali ini, gerakan itu dikemas dengan aksi pungut sampah yang dipimpin langsung istri Bupati Kuningan Hj Ika Acep Purnama.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Implementasi Sekoper Cinta bersama Muslimat NU Kabupaten Kuningan. Ribuan kader Muslimat NU Kuningan berjalan kaki dari Pendopo Kuningan menuju Masjid Syiarul Islam.

Sepanjang Jalan Siliwangi, dengan berbekal kantong plastik para ibu-ibu Muslimat NU memunguti sampah yang ditemui di jalanan. Tak terkecuali istri bupati yang juga menjabat sebagai Pelindung Muslimat NU Kuningan, tak merasa jijik ketika harus memungut sampah-sampah di sepanjang jalan.

“Saya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan mengajak kepada seluruh ibu-ibu, untuk dapat terus menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian juga dapat mengajak kepada masyarakat lainnya, agar terus mendukung dan melaksanakan berbagai program pemerintah dalam mewujudkan Kuningan yang Makmur, Agamis, Pinunjul (Maju) Berbasis Desa,” kata Ika saat memberikan keterangan persnya, Minggu (20/10).

Kegiatan bersama Muslimat NU Kuningan ini merupakan wujud kerja sama Setda dan DKM Syiarul Islam, dalam pemberdayaan majelis taklim Muslimat NU. Khususnya dalam pemberdayaan perempuan untuk mewujudkan keluarga sejahtera lahir dan bathin. “Saya merasa bangga dan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. PC Muslimat NU beserta jajaran turut mewujudkan visi Kabupaten Kuningan MAJU, diawali dengan kegiatan gerakan kebersihan sekaligus jalan sehat,” terangnya.

Melalui momentum ini pula, lanjut dia, Muslimat NU Kuningan memberikan kesadaran kepada masyarakat, bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Menjaga kebersihan lingkungan ini merupakan tanggung jawab bersama di masyarakat.

Ketua Panitia Entin Supriatin menambahkan, anggota Muslimat NU sebagai anggota masyarakat dapat meningkatkan kapasitas guna mewujudkan ketahanan pangan melalui pemberdayaan ekonomi keluarga. Sekaligus pula ikut mendukung program pemerintah daerah.

“Berbagai kegiatan dilaksanakan seperti aksi sosial pungut sampah, dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih. Kami juga mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.