Pemkab-Disdik-Polban Teken Kerja Sama

oleh -7 views
KERJASAMA PENDIDIKAN: Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri (Polban) Bandung dan Kabupaten Kuningan, kemarin (3/5).

KUNINGAN-Guna meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri (Polban) Bandung dan Kabupaten Kuningan. Kerja sama ini dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Aula Polban Bandung, Jl Gegerkalong Hilir, Kota Bandung, Senin (3/5).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar Edy Purwanto menjelaskan, kerja sama ini adalah bentuk kolaborasi untuk mewujudkan pendidikan Jabar Juara. “Kerja sama ini memungkinkan adanya program studi di luar kampus utama Polban Bandung di Kabupaten Kuningan ke depannya,” tuturnya.

Dengan tersebarnya Politeknik ke daerah-daerah, Edy meyakini akses dan peningkatan SDM di Jabar bisa lebih cepat tercapai. SMK di Jabar pun nantinya akan berkolaborasi dengan perguruan tingi, khususnya di bidang vokasi dalam program SMK pusat keunggulan yang digagas Dirjen Vokasi. “Ada 98 SMK yang nantinya akan dikembangkan menjadi SMK pusat keunggulan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Polban Bandung Rachmad Imbang Trijahjono menegaskan, kerja sama ini adalah bentuk komitmen Polban Bandung untuk ikut berkontribusi membangun sumber daya manusia di Jabar. “Dengan kebijakan gubenur yang akan membangun kawasan rebana di masa depan, kita harus sama-sama mendorong peningkatkan SDM,” ucapnya.

Pihaknya sangat mendukung pembangunan Jabar melalui inovasi dan kolaborasi seperti ini. “Dengan semangat dan niat yang tulus, mudah-mudahan kita semua bisa mencapainya,” harapnya.

Sedangkan Bupati Kuningan, Acep Purnama SH MH menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini, Kabupaten Kuningan diyakini mampu menciptakan kemakmuran melalui pendidikan sesuai visi Kabupaten Kuningan, “Makmur, Agamis, Pinunjul”.

“Meski sudah banyak perguruan tinggi di Kuningan, namun ada satu hal yang masih kurang, yaitu pengembangan jurusan/program pendidikan di bidang teknik dan eksakta. Alhamdulillah, saat ini kita sudah menandatangani MoU dengan Polban Bandung untuk mewujudkannya,” sebut bupati.

Pengembangan ilmu teknik yang disandingkan dengan kemajuan teknologi, menurutnya, sangat penting di masa revolusi industri 4.0 saat ini. Dengan kerja sama ini, Kabupaten Kuningan berkomitmen menyiapkan segalanya. “Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya. Kami bangga berkontribusi menuju Jabar Juara dengan Kolaborasi dan Inovasi,” ujarnya.

Terakhir mewakili Gubernur Jawa Barat, Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Barat Dr H Dudi Sudrajat Abdurachim menyampaikan, Masa depan jawa barat ada di kawasan Cirebon, Kuningan, Majalengka, Indramayu. Kawasan ini dapat dimanfaatkan sebagai lahan pendidikan, salah satunya dijadikan sebagai kawasan sains dan teknologi dengan membangun teknopark.

“Kuningan sangat mungkin memiliki parameter ITB yang reputasinya internasional. Mari kita coba kembangkan, mudah-mudahan dapat dilaksanakan.” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *