Pelajar Tidak Mampu Terima Beasiswa Online

oleh -48 views
TERIMA BEASISWA: Bupati H Acep Purnama foto bersama dengan penerima Sistem Beasiswa Online (Sibeo) yang diluncurkan Bagian Kesra Setda Kuningan, kemarin.

KUNINGAN–Pemerintah daerah melalui Bagian Kesra Setda Kuningan melakukan sosialisasi Sistem Beasiswa Online (Sibeo) di Wisma Pertama, Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra, kemarin (10/12). Kegiatan ini dibuka langsung Bupati H Acep Purnama SH MH, dengan dihadiri Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kabag Kesra Setda, H Nunung Nurjati SPd MSi, Kepala Disdikbud Drs H Uca Somantri MSi dan Kepala Dinsos Drs Dudy Budiana MSi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep berkesempatan menyerahkan beasiswa kepada tiga orang penerima. Masing-masing yaitu Ayi Yusri Tirmidja yang menjadi juara II MTQ tingkat nasional di Padang, juara O2SN tingkat Jawa Barat, Natasha Mahdalita dan Satria Wibowo mewakili keluarga kurang mampu. Mereka mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah lantaran sudah mengharumkan nama daerah di level regional dan nasional.

Kabag Kesra Setda Kuningan H Nunung Nurjati SPd MSi didampungi Kasubag Kesmas Nia Kurniasih SSos MSi menjelaskan, program Sibeo ini ditujukan bagi masyarakat Kuningan yang tidak mampu dan juga berprestasi. Penerima beasiswa dalam program Sibeo ini mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan juga perguruan tinggi. Nilai beasiswa sendiri berbeda-beda tergantung jenjang pendidikannya. Pihaknya mengoptimalkan program sosialisasi Sibeo agar bantuan beasiswa tepat sasaran.

Kemudian untuk penyaluran beasiswa sendiri, kata Nunung, ditransfer langsung oleh BPKAD ke rekening penerima. Tidak ada yang melalui Bagian Kesra. Pihaknya hanya melakukan validasi data dengan melakukan pengecekan langsung ke tempat penerima beasiswa.

“Sasaran pada kegiatan sosialisasi Sibeo ini sebanyak 155 orang. Mereka adalah perwakilan dari sekolah baik di jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi yang ada di Kuningan. Uangnya langsung ditransfer ke rekering penerima oleh BPKAD. Tidak melalui Bagian Kesra,” tegas Nunung kepada Radar, kemarin (10/12).

Kabag Kesra juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang berkenan hadir pada kesempatan sosialisasi Sibeo. Khususnya kepada Bupati H Acep Purnama yang secara resmi membuka langsung kegiatan tersebut. “Alhamdulillah pada pertengahan tahun ini, Bagian Kesra Setda Kuningan telah mengembangkan suatu aplikasi Sistem Beasiswa Online (Sibeo). Tentu ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi para peserta didik jenjang SD/MI hingga Perguruan Tinggi, agar tepat sasaran,” katanya.

Bupati H Acep Purnama mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bagian Kesra dalam mengoptimalkan beasiswa bagi warga tidak mampu dan berprestasi. Menurut bupati, bantuan beasiswa dari pemerintah daerah kini mulai lebih ditata melalui SK Bupati Nomor 422.5/kpts.615-kesra/2020, tentang penetapan calon penerima dan alokasi bantuan beasiswa bagi masyarakat di Kuningan. Hal ini untuk memfasilitasi pendidikan yang lebih berkualitas bagi peserta didik atau mahasiswa kurang mampu maupun berprestasi, sehingga pemerintah daerah memberikan bantuan beasiswa yang bersumber dari anggaran bantuan keuangan daerah.

“Untuk itu dimohon kerja sama, keterlibatan dan kesungguhan dari semua pihak terutama para kepala sekolah, rektor maupun dosen di Kabupaten Kuningan,” pintanya.

Bupati berharap, bantuan ini dimanfaatkan dengan baik karena pemerintah memberikan beasiswa ini bertujuan untuk  meningkatkan kualitas SDM yang memiliki daya saing kompetitif. Sekaligus menghidupkan harapan dan motivasi masyarakat yang kurang mampu atau beprestasi, untuk terus menempuh jalur pendidikan hingga ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Hal yang sama dikatakan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi. Sekda menambahkan, jenis beasiswa yang akan diberikan oleh pemerintah di antaranya beasiswa berprestasi dan kurang mampu bagi mahasiswa, beasiswa untuk umum bagi yang berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik, serta beasiswa berprestasi dan kurang mampu pada jenjang SD, SMP, SMA sederajat dan Perguruan Tinggi. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.