Partai Nasdem Kuningan Memanas

oleh -163 views
TIDAK PERCAYA: Lima Kordapil DPD perwakilan dari 23 DPC Partai Nasdem se-Kuningan kompak menggulirkan mosi tidak percaya kepada Ketua DPD Nasdem Kabupaten Kuningan Hj Elit Nurlitasari. FOTO: Tatang Azhari/Radar Kuningan

KUNINGAN – Dinamika Partai NasDem Kuningan, memanas. Mayoritas DPC ternyata sudah melayangkan mosi tidak percaya kepada Ketua DPD Hj Elit Nurlitasari. Mereka menganggap eks mantan Cawabup Kuningan pada Pilbup Kuningan 2013, itu telah gagal memimpin Partai Nasdem.

Tercatat ada 23 DPC dari 32 DPC se-Kabupaten Kuningan. Mereka menggulirkan 9 pointer pernyataan sikap. Ialah sebelum terpilih menjadi ketua DPD, Elit berjanji membirukan Kuningan dengan nuansa Nasdem, nyatanya tidak terjadi. Pada Pileg 2019, menargetkan untuk meraih 5 kursi hingga 7 kursi di DPRD Kuningan, nyatanya hanya 1 kursi. Elit sendiri tidak terpilih.

Kemudian berjanji akan melunasi secepatnya segala utang piutang, tapi nyatanya hingga kini masih cukup banyak utang belum dibereskan, termasuk tunggakan PBB eks kantor Nasdem. Tidak pernah rapat evaluasi pasca Pileg dan Pilpres 2019 dengan struktur DPC. Memindahkan kantor DPD dari semula jalan utama provinsi ke sebuah gang pemukiman.

Sikap lain, mengeluhkan ketua DPD menjadi pengurus LSM Jaring Pengawas Kebijakan Pemerintah (JPKP) dan menjadikan kantor DPD baru berdampingan dengan kantor LSM tersebut. Ketua tinggal di luar kota, atau Kota Bekasi. Sehingga jarang berada di kantor DPD. Tidak bisa menjaga keharmonisan struktur partai, mulai DPD, DPC dan DPRT menjadi lebih kompak dan solid. Akibatnya banyak di antara mereka memilih mengundurkan diri.

“Ada 23 DPC sudah tanda tangan ini. Sisanya sudah mengundurkan diri, juga masih ada kecamatan belum ada DPC,” terang Koordinator DPC Daerah Pemilihan (Kordapil) I Toto Sunarto saat konsolidasi antar kordapil DPC, di Taman Cirendang, Senin (3/2).

Nampak hadir Kordapil II Beny Abdulah, Kordapil III Wawang Suandi, Kordapil IV Nurdin dan Kordapil V Enda Sukanda. Ada pula bergabung Ketua DPC Jalaksana Abdul Basit dan Ketua DPC Cigandamekar Asep Mardan.

Surat mosi tidak percaya 23 DPC, diakui sudah dilayangkan ke DPW Jabar akhir 2019. Usai diterima, DPW berjanji akan menindaklanjuti melalui investigasi ke Kuningan. Jika terbukti benar, DPW akan melakukan tindakan.

Kordapil IV Wawang Suandi menyampaikan prihatin sejak kepemimpinan Elit, Nasdem Kuningan menjadi alit. Akibat ketua DPD yang dinilainya tidak bisa mengayomi struktur partai di berbagai tingkatan, Ia mengklaim bukan hanya 23 DPC telah mengusung mosi tidak percaya, tapi hampir 50 persen pengurus DPD.(tat)

No More Posts Available.

No more pages to load.