Pancasila Tonggak Sejarah dan Pemersatu Bangsa

oleh -159 views
KESAKTIAN PANCASILA: Bupati H Acep Purnama memimimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Pendopo, kemarin (1/10).

KUNINGAN–Hari Kesaktian Pancasila hendaknya dijadikan momentum lebih memperkuat dan menjadi pemersatu bangsa. Momentum ini menjadi tonggak sejarah untuk meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara.

Hal itu disampaikan Bupati H Acep Purnama SH MH, usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertajuk Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila secara virtual dari Monumen Pancasila Sakti, Jakarta, Kamis (1/10). Tak hanya diikuti Bupati Acep, tampak pula Wakil Bupati HM Ridho Suganda beserta jajaran pejabat Setda Pemkab Kuningan di Pendopo.

Upacara dilakukan virtual, sesuai dengan SE Kemendikbud RI Nomor 86491/MPK.F/TU/2020 tentang penyelenggaraan upacara peringatan yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Pancasila masih sangat relevan dengan kehidupan kita. Pertahankan sebagai ideologi negara, maka Pancasila mampu mempersatukan kesatuan dari segenap elemen bangsa baik secara kultural maupun secara personal atau sebagai komunitas,” kata Bupati Acep.

Dirinya berharap, suasana kebersamaan dan saling tolong-menolong senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sebagai wujud kesatuan dan persatuan bangsa dalam nilai kegotong-royongan. “Terima kasih kepada para pahlawan nasional maupun pahlawan lain sebagai para pengagas, pencetus nilai-nilai Pancasila yang berkembang di Indonesia hampir berabad-abad lamanya,” ujar Acep.

Hal serupa disampaikan Wakil Bupati HM Ridho Suganda. Bahkan, Wabup Edo -sapaan akrabnya- meminta anak-anak muda sebagai generasi milenial dan penerus bangsa dapat memahami secara utuh tentang nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila.

“Mari kita semua pertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara kita. Khususnya kepada anak-anak muda, semoga dapat memahami secara keseluruhan apa arti dari Kesaktian Pancasila,” ajaknya.

Tujuannya, agar generasi muda saat ini bisa menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam bernegara. Sekaligus dapat berkarya dan berbakti terhadap bangsa, melalui karya-karya nyata untuk mengharumkan bangsa Indonesia. “Mudah-mudahan Pancasila bisa terus menjadi pedoman kita dalam bernegara. Sehingga langkah-langkah kita khususnya para pemuda di negara Indonesia, bisa memberikan yang terbaik dan juga bisa mengharumkan nama bangsa,” tandas Wabup Edo.

Dalam kesempatan itu, upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila langsung dihadiri Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Terlihat pula jajaran menteri, lembaga, instansi baik pusat maupun daerah, serta seluruh kepala daerah se-Indonesia dari kantor masing-masing secara virtual. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.