Menang Pilkades, Ratusan Warga Cilaja Marak Ikan

oleh -6 views
Ratusan warga Cilaja Kecamatan Kramatmulya, terjun ke kolam untuk mengambil ikan dalam acara syukuran kemenangan Kades terpilih, Diding, Senin siang (6/11). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Guna merayakan kemenangan pada perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar, Minggu (3/11) lalu, ratusan warga Desa Cilaja, Kecamatan Kramatmulya terjun ke kolam untuk beramai-ramai menangkap ikan.

Para warga Cilaja ini menangkap ikan, atau dalam tradisi di Kuningan Marak Lauk, terdiri dari orang tua, pemuda, remaja, bahkan hingga anak-anak. Mereka rela berlumuran lumpur untuk menangkap ikan karena Calon Kepala Desa Cilaja nomor urut 2, Diding, sukses terpilih menjadi Kepala Desa dengan raihan suara terbanyak 900 suara.

Kades Cilaja terpilih, Diding, bersama timnya, memasukkan sebanyak 2 kwintal ikan ke dalam kolam yang berada di pertengahan sawah. Ikan-ikan yang diperebutkan warga ini terdiri dari ikan jenis nila, lele dan lainnya. Acara marak ikan ini baru dilaksanakan Senin siang (4/11), mengingat penghitungan suara baru selesai Minggu sore menjelang maghrib.

Salah seorang warga Cilaja, Tarsih, mengaku cukup senang dengan adanya rebutan ikan di kolam tersebut. Mewakili warga, ia berharap Kepala Desa Cilaja terpilih (Diding), dapat membangun desanya ke depan menjadi lebih baik. “Saya dan masyarakat sangat senang bisa marak ikan di kolam. Mudah-mudahan Kepala Desa Cilaja yang baru ini bisa membangun desa lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

Tradisi tangkap ikan merupakan tradisi yang sudah ada sejak lama, khususnya setiap kemenangan Calon Kepala Desa di Kabupaten Kuningan. Selain berebut ikan di kolam, tradisi ini juga sebagai ajang menguatkan tali silaturahmi antar warga.

Sementara itu, Kepala Desa Cilaja terpilih, Diding, sangat berterima kasih kepada warga Cilaja yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Cilaja ke depan. Acara marak lauk sendiri merupakan acara syukuran atas kemenangannya di Pilkades Cilaja.

“Ini sebagai acara syukuran saja, berarti warga memang sudah menginginkan kepala desa yang baru. Alhamdulillah saya terpilih dalam pemilihan kades kemarin. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias sekali dalam acara di kolam tadi, ini syukuran atas terpilihnya saya sebagai Kepala Desa Cilaja,” kata Diding.

Diding sendiri akan memimpin Desa Cilaja yang terdiri dari 6 dusun, terdiri dari Duzun Puhun, Wage, Pahing, Kliwon, dan Dusun Manis. Ia bertekad akan melakukan perubahan bertahap di Desa Cilaja, dengan tagline Cilaja Bisa, Cilaja Maju.

Adapun sejumlah program yang telah direncanakan Diding, diantaranya ingin memperkuat bidang perekonomian, olahraga, pertanian, pembangunan dan lain sebagainya. Dalam merealisasikan program-programnya itu, Diding mengaku akan melibatkan masyarakat untuk bermusyawarah. “Saya Insya Allah saya ingin sekali memberdayakan masyarakat Cilaja dengan cara gotong royong, musyawarah dalam program-program saya ke depan,” tekad Diding.

Sementara itu, perhelatan Pilkades Cilaja Kecamatan Kramatmulya berlangsung aman dan kondusif. Situasi ini pun sudah terlihat sejak tahapan awal Pilkades, dari mulai pengumuman pendaftaran Bakal Calon Kades, penetapan calon, pemilihan nomor urut, kampanye, hingga hari H pencoblosan.

Dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara oleh panitia Pilkades Cilaja, Diding yang berada pada nomor urut 2 berhasil meraih suara terbanyak dengan perolehan 900 suara. Disusul Calon nomor urut 1 Andri Hernawan yang meraih sebanyak 464 suara, dan nomor 3 Rusmiati meraih sebanyak 332 suara. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.