Libur Terakhir, Jalur Kuningan Kembali Padat

oleh -4 views
Jalur Padat
Anggota Polantas Polres Kuningan mengatur arus lalu lintas yang padat di persimpangan, karena memberlakukan warning light. FOTO:M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Arus lalu lintas di Kabupaten Kuningan kembali padat pada hari terakhir libur sekolah, kemarin (5/1).

Pantauan Radar Kuningan, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi sejak pukul 9.00 WIB. Antrean kendaraan nyaris terjadi di dua lajur jalan utama baik dari arah Cirebon menuju Kuningan maupun sebaliknya. Sendatan arus lalu lintas hampir terjadi di setiap persimpangan seperti di persimpangan Caracas, Bandorasa, Manis Kidul, Cibulan dan Cirendang.

KBO Lantas Polres Kuningan Iptu Sutarja mengatakan, peningkatan volume kendaraan kemarin disebabkan karena merupakan hari terakhir libur sekolah. Selain merupakan puncak arus balik warga Kuningan yang kembali ke kota besar, juga banyak warga dari luar Kuningan yang masih ingin berlibur ke sejumlah objek wisata di Kuningan seperti Cibulan dan Linggarjati.

“Ditambah adanya kegiatan di Ponpes Ash Shidqu Sampora yang menyedot massa hingga ribuan, praktis arus lalu lintas di jalur Kuningan-Cirebon terjadi kepadatan. Hingga siang hari arus lalu lintas memang padat merayap, namun memasuki sore hari sudah lancar kembali,” ujar Sutarja kepada Radar.

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas kali ini, kata Sutarja, pihaknya mengerahkan seluruh personel anggota Satlantas Polres Kuningan berjaga walaupun di hari Minggu. Setiap persimpangan mendapat penjagaan petugas untuk mengatur arus lalu lintas untuk mengatur kendaraan yang keluar masuk dari objek wisata maupun pusat keramaian lain seperti pasar dan super market.

“Arus lalu lintas tetap memprioritaskan jalur utama dan kami tidak memberlakukan sistem buka tutup ataupun pengalihan arus. Selain itu setiap traffic light kami berlakukan warning light atau hanya menyalakan lampu kuning sehingga arus lalu lintas dikendalikan berdasarkan arahan petugas yang berjaga di sana,” ungkap Sutarja.

Labih lanjut dikatakan Sutarja, kondisi kepadatan arus lalu lintas ini merupakan puncak setelah libur panjang tahun baru dan libur sekolah. Dia memprediksi arus lalu lintas pada hari-hari berikutnya akan kembali normal seperti sedia kala. (fik)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.