Lawan Corona, Kembali ke Masing-Masing

oleh -12 views
CORONA
Ilustrasi Virus Corona

KUNINGAN – Sejak beberapa bulan ini masyarakat dihantui dengan virus corona. Tak jarang lantaran banyaknya pemberitaan virus ini, saling curiga di tengah masyarakat pun tidak bisa terhindarkan.

Namun dari persoalan itu semua, untuk melawan mewabahnya virus corona ini, tergantung kepada pribadi masing-masing lantaran hingga kini vaksin virus tersebut belum ada. Sehingga bagi mereka yang terpapar dan sembuh, virus ini bisa dilawan dengan kedisiplinan pribadi masing-masing.

Anggota DPRD Kuningan Fraksi PAN Drs Toto Suharto SFarm Apt, memberikan pandangan soal perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten yang hingga ini kembali bermunculan. Meski angkanya yang positif lebih dari 15 orang, namun secara umum menurut Toto, kasus Covid-19 di Kuningan sebenarnya melandai.

“Ya memang seperti ini (kasusnya yang positif bertambah lagi), tapi secara umum di Kuningan ini melandai. Yang pertama ada 9 (kasus baru), dan sekarang sudah sehat kan bisa pulang,” kata Toto, kemarin (17/7).

Ia berpendapat untuk kasus positif saat ini yang berdasarkan data Crisis Center Percepatan Penanganan Covid-19 Kuningan, seluruhnya merupakan orang tanpa gejala (OTG), terjangkit tidak begitu lama. Dalam hal ini yang positif hasil swab test masal ini karena kondisinya sehat, maka bisa cepat sembuh dengan sendirinya.

“Yang positif corona sekarang ini biasanya kan tidak lama. Maksudnya ada beberapa kali hasil tes swab dinyatakan positif, tak lama kemudian sembuh. Termasuk yang hasil tes rapid, pas tes ulang jadi negatif. Ini artinya yang begitu tidak masalah, yang penting sekarang kembali kepada diri kita masing-masing,” ujarnya.

Untuk menjaga diri dari serangan virus corona, lanjut Toto, tak lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang selama ini terus digaungkan pemerintah. Ia menyebut cukup mudah, karena hanya tinggal menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Di samping juga penekanan terkait memakai masker setiap keluar rumah, rajin cuci tangan, dan tetap jaga jarak aman.

“Ini kan cukup mudah dilakukan oleh diri kita masing-masing. Jaga pola hidup bersih dan sehat dengan saling mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Dan ingat, yang baru terpapar saja itu belum tentu dia akan sembuh selamanya. Jadi, itu tergantung diri kita saja,” sebut Toto.

Dengan masih mewabahnya corona di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kuningan, Toto pun mengiyakan hal itu juga masih tetap mengganggu terhadap permasalahan bangsa, terutama terkait perekonomian di Indonesia menjadi buruk sebagai terdampak Covid-19. Namun demikian, menurutnya, hal ini pun bisa kembalikan kepada diri masing-masing bagaimana menjalankan roda perekonomian tersebut dengan SOP yang ada, terlebih memasuki masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru).

“Sebetulnya ini kembali lagi kepada diri kita sendiri dan kepada pemerintahan, khususnya pemerintahan di desa. Ini artinya harus betul-betul siaga dan memperhatikan masyarakat yang sering keluar masuk dengan memberikan pengertian. Sekarang kan sudah masuk AKB, ya ikuti saja aturannya, kita harus sabar dulu, ini untuk kebaikan semua,” harap Toto. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.