Latihan Pengendalian Massa, Agar Lebih Mahir dan Semakin Profesional

oleh -66 views
LATIHAN DALMAS: Satu pleton anggota Sabhara Polres Kuningan mengikuti pelatihan pengendalian massa, agar lebih terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.

Anggota Satuan Sabhara Polres Kuningan kembali dilatih kemampuannya dalam giat pelatihan pengendalian massa (Dalmas) di halaman Mapolres Kuningan, Kamis (25/3).

M TAUFIK, Kuningan

Giat latihan yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Kuningan AKP Muntaha tersebut diikuti oleh satu pleton anggota Sabhara. Dalam latihan, anggota mendapat pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan Dalmas awal, yakni pelatihan tanpa menggunakan peralatan sampai dengan menggunakan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya hingga pengurai masa (Raimas).

Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya melalui Kasat Sabhara AKP Muntaha mengatakan, pengendalian massa yang disebut Dalmas adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa pengunjuk rasa. Pasukan pengendali massa ini akan menjadi poros terdepan ketika terjadi aksi unjuk rasa atau terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak.

“Latihan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota dalam menghadapi adanya unjuk rasa dalam skala besar sekaligus untuk me-refresh agar anggota Sabhara semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. Selain itu, anggota juga sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa dan kemungkinan terburuk terjadi tidak bentrok massa,” ungkap Muntaha.

Dengan giat latihan Dalmas tersebut, kata Muntaha, bertujuan untuk melatih kekuatan fisik personel agar tetap terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa unjuk rasa.

“Kita terus memperdalam teknik Dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga Satuan Sabhara menjadi personel yang terlatih, tangguh, dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *