Laporan Hasil Reses, DPRD Kebanjiran Aspirasi, Mayoritas Pengajuan Infrastruktur

oleh -387 views
Reses
Sidang paripurna DPRD terkait laporan hasil reses anggota DPRD tahun 2019, akhir tahun kemarin. FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Tepat di hari terakhir tahun 2019, seluruh fraksi di DPRD telah melaporkan hasil resesnya pada sidang paripurna DPRD, Selasa (31/12). Dalam laporannya, masing-masing anggota DPRD di tiap fraksi dibanjiri aspirasi hasil reses.

Salah satu fraksi yang dibanjiri aspirasi, yakni Fraksi PDI Perjuangan. Dari 10 anggota fraksi ini (ditambah H Chartam Sulaiman dari Nasdem), ternyata Hj Elin Lusiana mendapatkan pengajuan aspirasi terbanyak berjumlah 34 aspirasi dari masyarakat di Dapil 1, terdiri dari Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur 8 aspirasi, Desa Lengkong Kecamatan Garawangi 8 aspirasi, serta Kelurahan Purwawinangun sebanyak 18 aspirasi.

Di Fraksi Golkar, dari 5 anggota fraksi, Saw Tresna Septiani SH dari Dapil I tercatat dalam laporan fraksinya mendapatkan sebanyak 40 aspirasi. Keempat puluh aspirasinya itu diserap dalam kegiatan reses di 3 titik, yakni Kelurahan/Kecamatan Kuningan 16 aspirasi, Kelurahan Ciporang Kecamatan Kuningan 14 aspirasi, dan dari Kelurahan Cirendang Kecamatan Kuningan 10 aspirasi.

Selanjutnya Fraksi Demokrat. Dari 5 anggota fraksinya, Saldiman Kadir SSos dari Dapil V mencatatkan rekor karena mendapatkan serapan aspirasi dari masyarakat paling banyak, yakni 46 aspirasi. Terdiri dari 17 aspirasi dari Desa Bangunjaya Kecamatan Subang, 8 aspirasi dari warga Dusun Tutugan Desa Tugumulya Kecamatan Darma, dan 21 aspirasi diserap dari warga Desa Babatan Kecamatan Kadugede.

Kemudian Fraksi Gerindra-Bintang, dari 8 anggota fraksinya (satu dari PBB), Nurcholis Mauludin Syah mendapatkan serapan aspirasi terbanyak, yakni 22 aspirasi. Terdiri dari 12 aspirasi masyarakat Desa Ciawilor Kecamatan Ciawigebang, 7 aspirasi dari masyarakat Desa Mekarjaya Kecamatan Ciawigebang, dan dan 3 aspirasi diperoleh dari masyarakat Desa Cihaur Kecamatan Ciawigebang.

Di Fraksi PPP, dari 4 anggota fraksi ini, Ali Akbar dari Dapil IV mendapatkan serapan aspirasi terbanyak, yakni sebanyak 43 aspirasi. Terdiri dari 12 aspirasi dari masyarakat Desa Citenjo Kecamatan Cibingbin, 18 aspirasi diserap dari warga Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin, dan 13 aspirasi didapat dari warga Desa Tarikolot Kecamatan Cibeureum.

Untuk Fraksi PAN, dari 5 anggotanya, Ade Abdul Abdul Jafar Sidiq MKesos mendapatkan serapan aspirasi terbanyak, yakni 38 aspirasi. Terdiri dari 14 aspirasi dari warga Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang, 13 aspirasi dari warga Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang, dan 11 aspirasi dari warga Desa/Kecamatan Ciawigebang.

Lalu Fraksi PKS, dari 7 anggotanya, Etik Widiati dari Dapil IV mendapatkan serapan aspirasi terbanyak, yakni 26 aspirasi. Terdiri dari 13 aspirasi dari Desa/Kecamatan Ciwaru, 7 aspirasi dari warga Desa/Kecamatan Karangkancana, dan 6 aspirasi dari warga Desa Sindangsuka Kecamatan Luragung.

Dari sekian banyak aspirasi yang sampai ke gedung dewan, rata-rata masyarakat mengajukan permohonan untuk sarana infrastruktur yang ada di desa dan kelurahan. Seperti peningkatan jalan lingkungan, pembuatan jalan usaha tani, pembangunan TPT (Tembok Penahan Tebing), pembuatan trotoar, drainase, dan lain sebagainya.

Selain itu, tak sedikit yang mengajukan untuk pemberdayaan, di antaranya tentang pengadaan sarana olahraga, UMKM, peralatan bengkel, dan lainnya. Di samping juga terdapat pengajuan untuk sarana dan prasarana keagamaan, seperti untuk para guru ngaji, peralatan madrasah diniyah, TPA, dan lain-lain.

Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE yang memimpin langsung jalannya sidang paripurna, mengungkapkan bahwa pimpinan dan anggota DPRD Kuningan telah melaksanakan reses masa persidangan catur wulan pertama tahun 2019/2020 di dapilnya masing-masing selama 6 hari (5-10/12).

“Berdasarkan ketentuan pasal 88 PP 12/2018 juncto Pasal 146 Peraturan DPRD nomor 1/2019 tentang Tatib DPRD, disebutkan bahwa anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok, wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya pada masa reses, kemudian disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam rapat paripurna DPRD,” kata Nuzul. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.