Kuningan Zona Oranye, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat

oleh -47 views
Indra bayu

KUNINGAN – Tingkat kesembuhan semakin naik, Kabupaten Kuningan kini turun dari zona merah ke zona oranye. Artinya, level risiko penyebaran Covid-19 kini mulai berada di kategori sedang.

Penetapan zona oranye ini berdasarkan informasi dari Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Jabar periode 19-25 Juli 2021. Bahkan tercatat, total jumlah pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dalam rentang waktu 19-29 Juli 2021 sudah sebanyak 2.152 orang.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana SSTP MSi saat dikonfirmasi awak media, kemarin (29/7), membenarkan, jika Kabupaten Kuningan kini sudah turun dari zona merah ke zona oranye. Hal ini karena tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kuningan tertinggi di Jabar.

“Iya betul, hasil evaluasi Kabupaten Kuningan sekarang sudah zona oranye yakni level risiko sedang dengan skor 1,88. Ini berdasarkan evaluasi data peningkatan kasus dalam jangka waktu tanggal 19-25 Juni 2021,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Indra, Kabupaten Kuningan masuk zona merah dengan poin 1,78. Namun saat ini nilainya naik menjadi 1,88 sehingga bergeser dari zona merah ke zona oranye.

“Penilaian ini tentu berdasarkan dari berbagai macam faktor, salah satunya karena angka kesembuhan kita paling tinggi di Jawa Barat. Kemudian angka kasus aktif sekarang kita masuk daerah paling rendah, termasuk angka kematian kita masih di bawah kabupaten/kota lain,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, beberapa indikator tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam penentuan zona oranye di Kabupaten Kuningan.

“Walaupun sekarang zona oranye, masyarakat diharapkan tetap untuk disiplin menjalankan prokes. Semoga kita bersama-sama berusaha agar bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di Kuningan,” ajaknya.

Kaitan dengan data update Covid-19 di Kuningan, Ia menyebutkan, total jumlah terkonfirmasi positif kini mencapai 12.942 orang. Ada kenaikan 51 kasus aktif dari sehari sebelumnya dengan total 12.891 orang.1

“Lalu total pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh ada 11.670 orang. Sedangkan total kasus kematian ada 578 orang, dan hari ini masih tersisa kasus aktif 694 orang,” terangnya.

Sementara Bupati H Acep Purnama SH MH juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Satgas Covid-19 Kuningan karena semula PPKM level 4 kini berada di level 3. Artinya penyebaran Covid-19 di Kuningan mulai menurun dan semoga dapat lebih menurun hingga masuk ke zona hijau.

“Kami mengajak kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, mahasiswa, pelajar dan masyarakat serta pihak lain mari kita bekerjasama untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Kuningan,” ajaknya.

Tak lupa, Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kuningan yang telah mematuhi aturan pemerintah sehingga terlihat perubahan dari zona merah ke oranye.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.