Kumpulkan Ormas dan LSM di Pangandaran

oleh -31 views
BUKA SINERGITAS: Bupati H Acep Purnama membuka kegiatan pembinaan Ormas, OKP dan LSM yang difasilitasi Kesbangpol Kabupaten Kuningan di Pangandaran, akhir pekan kemarin.

KUNINGAN–Pemerintah daerah melalui Badan Kesbangpol Kuningan mengadakan pertemuan dengan sejumlah organiasi kemasyarakatan (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Hotel Pantai Indah Resort Pangandaran, kemarin (21/3). Pertemuan yang dikemas dengan agenda forum komunikasi organisasi sosial politik ini dihadiri langsung Bupati H Acep Purnama SH MH.

Kegiatan bertajuk peran serta ormas dan LSM melaksanakan visi Kuningan Maju Berbasis Desa Tahun 2023, berlangsung selama dua hari. Agenda ini bertujuan untuk terciptanya kesinambungan informasi atau menghindari tersumbatnya arus informasi dan komunikasi antara pemerintah daerah dengan ormas maupun LSM.

Selain Bupati Acep, hadir pula Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kepala Badan Kesbangpol Dr Budi Amiludin MSi dan Kabid Poldagri Kesbangpol Elin Ratna Marlina SIP MSi. Adapun kegiatan pembinaan terhadap organisasi kemasyarakatan ini sebagai bagian dari implementasi UU nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan demi mewujudkan tertib administrasi organisasi.

“Semoga dengan adanya pelaksanaan pembinaan organisasi kemasyarakatan ini, dapat membawa pencerahan kepada kita semua dalam berorganisasi. Sehingga dapat terciptanya kesinambungan informasi antara pemerintah kabupaten, ormas dan LSM,” kata Bupati Acep saat mengawali sambutan.

Dirinya menekankan, peran organisasi kemasyarakatan di Kuningan sangat dinantikan guna menunjang keberhasilan pembangunan.

“Makanya pemerintah senantiasa terus memberikan peningkatan mutu bagi sumberdaya manusia bagi ormas dan LSM. Sehingga ke depan dapat berkontribusi aktif dalam mengisi pembangunan daerah,” ucapnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada ormas dan LSM sebagai perwakilan masyarakat yang selama ini memberi masukan dan kritikan membangun. Sehingga roda pemerintahan daerah tetap berjalan dengan baik.

Sementara Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar mengatakan, ormas merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan dan kegiatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara berdasarkan Pancasila, khususnya di pemerintah daerah. Segala cita-cita pembangunan tidak akan tercapai tanpa adanya semangat sinergitas semua komponen, baik pemerintah maupun dari unsur masyarakat.

“Semangat kebersamaan, gotong royong, kontrol sosial, memberikan solusi dan inovasi yang dimiliki ormas dan LSM sangat membantu tercapainya cita-cita pembangunan,” ujarnya.

Tak jauh berbeda disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Dr Budi Amiludin. Pihaknya akan terus berupaya agar bisa memberikan pelayanan dan peningkatan mutu ormas/LSM di Kuningan, dengan fungsi serta peran ormas sebagai mitra pemerintah daerah.“Sejak awal menjabat di Kesbangpol, kami langsung melakukan roadshow ke tiap-tiap ormas, orsospol dan LSM agar tercipta sinergitas dengan pemerintah daerah,” katanya.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk ormas/LSM agar semakin maju. Sehingga dapat menjadikan Kabupaten Kuningan menjadi aman dan terkendali. “Dengan itu, kami menaruh harapan besar kepada seluruh ormas, LSM dan elemen masyarakat yang bersama-sama ikut bersatu membantu pemerintah daerah untuk mewujudkan Visi Kabupaten Kuningan yaitu Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023. Kemudian dengan terwujudnya hal tersebut, diharapkan dapat terwujud masyarakat rapih winangun kertaraharja dalam budaya silih asah, silih asih dan silih asuh,” harapnya.

Kabid Poldagri Kesbangpol Elin Ratna Marlina menambahkan, adanya kegiatan itu sejalan dengan program pemerintah daerah yang bermitra efektif dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Kuningan. Semoga dapat terciptanya keharmonisan pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Kuningan, untuk menuju masa depan Kuningan yang lebih baik dan kondusif.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.