Kontak dengan Demonstran, Puluhan Polisi Jalani Tes Swab

oleh -12 views
TES SWAB: Salah satu anggota Polres Kuningan yang ikut mengamankan aksi unjuk rasa menjalani tes swab oleh petugas medis Labkesda Kuningan di Aula Mapolres Kuningan, kemarin (12/10). Foto: DOK. M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Puluhan anggota Polres Kuningan menjalani tes swab, kemarin (12/10). Mereka yang dites merupakan anggota yang terlibat mengamankan aksi unjuk rasa (unras) mahasiswa di DPRD Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu.

Satu per satu anggota polisi dari berbagai satuan menjalani pemeriksaan swab atau pengambilan lendir di rongga tenggorokan oleh petugas medis dari Labkesda Kabupaten Kuningan di Aula Mapolres Kuningan. Tak terkecuali Kapolres AKBP Lukman Syafri Dandel Malik dan Waka Kompol Jaka Mulyana serta beberapa perwira yang ikut mengamankan aksi unras turut menjalani tes swab.

“Untuk antisipasi, khawatir Polres Kuningan jadi klaster baru. Kemarin anggota kami mengamankan aksi unjuk rasa dan sempat beberapa kali kontak fisik dengan para mahasiswa, dan itu sangat berisiko jika di antaranya ada yang terpapar Covid-19. Mudah-mudahan semuanya sehat dan hasilnya negatif semua,” ungkap Kapolres AKBP Lukman.

Lukman mengatakan, pemeriksaan swab tersebut dilakukan atas pengajuan pihaknya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. Hal ini setelah melihat potensi kerawanan anggotanya terpapar Covid-19 usai berkontak dengan para pengunjuk rasa.

“Atas hal tersebut, kami mengajukan pemeriksaan swab kepada Dinas Kesehatan dan alhamdulillah disetujui sebanyak 30 anggota kami dilakukan tes. Tidak menutup kemungkinan, pemeriksaan swab ini akan dilakukan bertahap untuk anggota yang lainnya,” ungkap Lukman.

Adapun hasilnya, Lukman mengatakan, pihaknya harus menunggu hingga 10 hari ke depan. Selama menunggu hasil tersebut, anggotanya masih tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

“Selama tidak sakit dan mengalami keluhan dengan tanda-tanda Covid-19 seperti batuk disertai sesak napas dan demam, semuanya tetap beraktivitas normal seperti biasa. Namun dalam beraktivitas tetap melaksanakan protokol, dan ini berlaku untuk semua anggota,” ujar Lukman. (fik)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.