Komitmen Kuningan Kabupaten Konservasi

oleh -9 views
PENGHARGAAN: Sekda H Dian R Yanuar memberikan penghargaan dalam acara HUT KRK, kemarin (25/11). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Memperingati HUT ke-6 Kebun Raya Kuningan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerja sama dengan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) menggelar acara Festival Kebun Raya Kuningan (KRK), Kamis (25/11).

Sekretaris Daerah Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menyampaikan bahwa Kabupaten Kuningan telah berkomitmen menjadi kabupaten konservasi. Salah satu bukti nyata melalui pembangunan KRK.

Menurut Sekda, KRK dibangun sesuai dengan arah kebijakan pembangunan konservasi yang menitikberatkan pada pemanfaatan sumberdaya alam secara lestari dan berkelanjutan.

“Kebun Raya Kuningan mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai salah satu tujuan ekowisata, dengan tema wisata alam yang menjual ilmu pengetahuan dan filsafat lokal atau filsafat ekosistem dan sosiosistem,” ungkapnya.

Disampaikan juga, penyelenggaraan kegiatan HUT ke 6 KRK 6 ini bertujuan untuk menyadarkan semua pihak, agar dapat ikut bertanggung jawab dalam merawat alam sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat alam dan lingkungan hidup.

“Mari kita jadikan momentum peringatan hari ulang tahun ini untuk memposisikan, bahwa kawasan konservasi sebagai modal utama menuju masyarakat sejahtera dan berkelanjutan,” ajak Sekda.

Dalam kesempatan itu, Sekda Dian mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada UPTD Kebun Raya Kuningan, karena inisiatifnya dalam upaya mengingatkan kembali masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan peduli terhadap pentingnya konservasi alam di Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan ini memiliki tujuan yang penting, yakni bertujuan untuk menyadarkan semua pihak agar ikut serta bertanggung jawab merawat alam, sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat alam dan lingkungan hidup,” tuturnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan yang dikemas dalam Festival Kebun Raya Kuningan bertema “Kuningan Menembus Batas” dengan berbagai kegiatan. Antara lain tasyakuran yang dihadiri oleh berbagai unsur pemerintah dan unsur masyarakat, gerakan penanaman pohon, serta senam wisata dan mancing raya.

Ada pula pemberian penghargaan Anugerah Raksa Prasada dan perintis lingkungan Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diserahkan kepada Sekolah Adiwiyata. Di antaranya SMAN 1 Ciawigebang, SMAN 1 Darma, SMAN 2 Kuningan, SMPN 1 Kuningan, MAN 1 Kuningan, SMPN 1 Jalaksana, SDN 1 Cigadung dan SDN 2 Bayuning.

“Selamat kepada sekolah adiwiyata yang mendapatkan penghargaan anugerah Raksa Prasada. Mudah-mudahan prestasi ini dapat menginspirasi sekolah sekolah lainnya untuk meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan,” pungkasnya. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.