Ketua DPD PAN Terpilih Menutup Diri

oleh -29 views
IRIT BICARA: Ketua DPD PAN terpilih, H Uba Sobari, tiba-tiba menutup diri usai dirinya mendapat SK dari Ketum PAN Zulkifli Hasan. FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Sejak mendapatkan Surat Keputusan (SK) selaku Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kuningan beserta kepengurusan, H Uba Sobari Ak langsung menutup diri.

Entah apa penyebabnya, Uba yang juga mantan Ketua Baznas Kuningan ini enggan memberikan keterangan dan penjelasan terkait perjalanan dirinya masuk dalam bursa calon Ketua DPD PAN, menumbangkan ketua sebelumnya, H Udin Kusnedi SE MSi.

Beberapa kali dimintai komentarnya oleh sejumlah jurnalis, Uba sama sekali tidak bersedia memberikan penjelasan. Bahkan saat dilakukan wawancara door stop di gedung DPRD, Uba langsung menghindari para awak media yang hendak mewawancarainya.

“Engga, nanti saja. Saya gak mau berkomentar,” kata Uba, saat diburu beberapa jurnalis di gedung dewan, Kamis (15/4).

Sebelumnya, Uba akhirnya mendapatkan SK langsung dari ketum sebagai Ketua DPD PAN Kuningan Periode 2020-2025. Uba menjadi salah satu formatur bersama 4 kader PAN lainnya, usai mengikuti Musda PAN secara virtual.

Dari 5 formatur Calon Ketua DPD PAN, Ketum PAN memerintahkan agar kelimanya bermusyawarah guna menentukan siapa yang paling pas dan cocok menjadi Ketua DPD PAN berikutnya. Tiga formatur akhirnya menunjuk H Uba untuk diajukan sebagai Calon Ketua terpilih ke DPP.

Meski berlarut-larut, hingga hampir 3 bulan berjalan sejak Musda digelar, bahkan sempat memunculkan sejumlah prediksi dari beberapa pemerhati politik, akhirnya DPP pun mempercayakan kepemimpinan DPD PAN Kuningan dipegang oleh Uba. Dari SK yang diberikan, Sekretaris dipegang Raka Maulana Wijaya, sedangkan Bendahara dijabat Ade Abdul Jafar Sidiq SKessos MKessos. 

Saat dihubungi Radar Kuningan kala itu, Ketua DPD PAN Kuningan terpilih, H Uba Sobari belum bersedia memberikan penjelasan. Ia hanya mengiyakan bahwa SK tersebut kini sudah dipegangnya, dan diberikan langsung dari Ketum Zulkifli Hasan di Jakarta.

“Iya, (SK) sudah diterima dari Ketum. Saya belum bisa berkomentar dulu ya,” kata H Uba.

Terpisah, saat dimintai tanggapannya, mantan Ketua DPD PAN Kuningan H Udin Kusnedi SE MSi, berucap syukur atas telah turunnya SK untuk kepengurusan DPD PAN Kuningan yang baru. Ia pun legowo, karena keputusan tersebut sebagai pilihan terbaik Ketum Zulhas.

“Alhamdulillah SK DPD PAN Kuningan sudah turun. Dan itu yang terbaik pilihan Ketua Umum,” kata Jiud, sapaan akrab bos sayur asal Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana itu.

Dengan lamanya SK keluar, kata Jiud, hal itu menunjukkan bahwa DPP PAN tidak sembarangan menunjuk untuk memimpin partai. Sehingga ia pun meyakini keputusan tersebut berdasarkan kajian serta berbagai kriteria.

“Ini saya yakin sudah hasil kajian dan diputuskan berdasarkan kriteria-kriteria,” ucapnya.

Kriteria-kriteria tersebut, menurut Jiud, bisa dilihat dari sosok Ketua terpilih, H Uba, yang pernah memimpin beberapa organisasi besar di Kuningan, seperti Gapensi, Baznas, dan bahkan saat ini masih memimpin Kadin.

“Ini modal besar untuk memimpin organisasi partai. Semoga bisa membawa pengalaman-pengalaman diorganisasi terdahulu untuk menjadikan PAN di Kuningan lebih hebat lagi,” harap Jiud.

“Atas nama pribadi, mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus DPC sampai ranting, pengurus harian, kader partai dan simpatisan, apabila selama kepemimpinan saya tidak menjadikan PAN sebagai partai penguasa,” imbuhnya. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.