Kebakaran Ciremai Meluas, Capai 150 Hektare

oleh -1 views
Tim relawan berupaya memadamkan kebakaran kawasan Taman nasional Gunung Ciremai yang sudah memasuki hari keempat. FOTO:AKAR FOR RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Hari keempat kebakaran kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai sebelah Utara semakin meluas, kemarin. Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, total luas lahan yang terbakar sudah mencapai 150 hektare.

Kepala BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan, kondisi lahan yang sebagian besar merupakan vegatasi ilalang dan semak yang sudah kering menjadi kendala personil di lapangan memadamkan api. Hingga Kamis petang, api masih terpantau menyala di tiga titik yaitu di Blok Gunung Dulang, Blok Sadarehe, dan Blok Leuweung Gede.

“Hingga hari keempat total luas lahan yang terbakar mencapai 150 hektare, termasuk yang berada di wilayah Majalengka. Hingga saat ini tim gabungan dari BPBD, TNGC, MPA dan relawan AKAR dan lainnya masih berupaya memadamkan api siang dan malam agar kebakaran tidak semakin meluas,” ungkap Agus kepada Radar Kuningan .

Agus mengatakan, sebanyak 55 personil dikerahkan untuk menghadang api agar tidak meluas. Mulai dari penanganan secara manual memadamkan api langsung menggunakan ranting hingga membuat sekat bakar.

“Personil dibagi dalam dua tim, yang pertama sebanyak 33 orang melakukan pemadaman di tiga titik api dan 22 personil lain bersiaga di pos pantau Bukit Seribu Bintang (BSB). Dengan personil sebanyak ini pun tampaknya bukan hal mudah menjinakkan api di lahan yang sebagian besar sudah kering seperti ini,” ujar Agus.

Namun demikian, Agus mengatakan, tim gabungan Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari berbagai komponen tersebut tanpa lelah terus berupaya memadamkan api secara bergantian. Rencananya, lanjut Agus, pada hari Jumat ini akan ada penambahan personil untuk mempercepat pemadaman. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.