Jumlah Pendaftar Santri Husnul Khotimah Membludak

oleh -41 views
Pondok Pesantren
Ribuan orang tua dan calon santri membeludak saat mendaftarkan diri untuk mengikuti tes PSB Husnul Khotimah. FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN–Ribuan peserta calon santri baru Pondok Pesantren Husnul Khotimaah (HK) Kuningan, mengikuti tes Penerimaan Santri Baru (PSB) tahun 2019, Minggu (22/12). Para pendaftar santri baru yang datang dari berbagai daerah cukup membeludak. Tes PSB HK ini digelar secara serentak mulai pukul 08.00 WIB di 25 daerah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dalam sambutannya saat upacara briefing, Ketua Panitia PSB HK Ustad Joni Pasya Tjik Ani Lc menyampaikan terima kasih dan pernghargaan kepada calon wali santri dan calon santri yang telah mendaftarkan putra-putrinya. “Alhamdulillah hari ini tanggal 22 Desember 2019, peserta tes masuk Husnul Khotimah berjumlah 2.174 orang,” ujarnya.

Pihaknya bersyukur karena untuk tahun ini pendaftar meningkat dari tahun sebelumnya. Apalagi ada juga pendaftar yang datang dari luar negeri, seperti Turki, Malaysia, Jepang, Saudi Arabia, Dubai Qatar.

Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Selain itu terdapat pendaftar dari luar negeri di antaranya dari Turki, Malaysia, Jepang, Saudi Arabia, Dubai, Qatar,” terang Joni bersyukur.

Joni menambahkan, untuk pelaksanaan tes di luar negeri, penguji berasal dari alumni yang sedang studi di daerah tersebut. Kecuali Malaysia, pendaftar berjumlah 9 orang, sehingga penguji dari pengajar Husnul Khotimah.

Adapun jumlah 2.177 peserta tes, lanjut Joni, terbesar ada di Kuningan sejumlah 962 peserta, disusul Jakarta sebanyak 466 orang, kemudian Bekasi 330 calon santri, lalu Bandung 188 orang, Lampung 51 orang dan sisanya di beberapa daerah lainnya. “Sedangkan jumlah pendaftar MTs sebanyak 1.445 orang dan MA sebanyak 719 orang,” sambungnya.

Sementara itu, Pimpinan Pontren Husnul Khotimah KH Mu’tamad MPd Al-Hafidz menyampaikan bahwa HK adalah jawaban atas pendidikan berkualitas dan terjangkau. Ada empat keunggulan yang dimiliki HK, yakni Tahfidz Quran, Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia), akademik dan pembinaan karakter. “Kalau di Pare Kediri ada kampung Inggris, maka di sini, impiannya bisa terwujud kampung Arab,” sebutnya.

Pengumuman kelulusan dapat diakses tanggal 30 Desember melalui website www.husnulkhotimah.sch.id. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.