Juli, Open Bidding Eselon II

oleh -46 views
open-bidding
Ilustrasi.

KUNINGAN-Tidak lama lagi, pejabat Eselon III baik B dan A berpeluang untuk naik kasta menjadi Eselon II atau menjabat kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini tidak terlepas dari rencana Pemkab Kuningan untuk menggelar seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama Jilid III.

seleksi terbuka JPT nanti, Bupati H Acep Purnama akan memilih enam pejabat baru untuk menduduki jabatan tersebut. Rinciannya, empat posisi Eselon II kosong, dua jabatan lainnya masih dijabat dan akan berakhir per 1 Desember 2021. Kabarnya, seleksi terbuka JPT akan dilakukan Juli mendatang dengan waktu pelaksanaan sekitar dua hingga tiga bulan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan Drs H Nurahim MSi melalui Kabid Perpindahan, Pengangkatan dalam Jabatan, Kesejahteraan Aparatur dan Fasilitasi Profesi ASN pada BKPSDM Purwadi Hasan Darsono SHut MSi membenarkan rencana seleksi terbuka JPT. Namun Purwadi belum memastikan, SKPD mana saja yang akhirnya dilelang lantaran menunggu instruksi dari Bupati H Acep Purnama.

“Saat ini kami fokus kepada uji kompetensi yang sudah selesai pelaksanaannya. Hasil dari uji kompetensi yang diikuti 22 pejabat Eselon II ini kami serahkan ke pak ketua ujikom yakni Pak Sekda,” tutur dia.

Menurut dia, untuk Eselon II yang kosong hingga akhir tahun ini totalnya ada enam jabatan yang akan dilelang. Tapi instansi mana saja yang akan masuk daftar open bidding, belum bisa dipastikan karena menunggu keputusan dari bupati. “Rencana open bidding JPT sudah diagendakan. Perhitungan kami sekitar Juli nanti digelarnya. Sebelum open bidding, akan ada pengisian dulu di level Eselon II. Nah, jabatan yang kosong baru akan dilelang melalui seleksi terbuka JPT. Jadi, sekarang tunggu saja sampai nanti pelaksanaan pengisian jabatan yang kosong,” jelas Purwadi kepada Radar, belum lama ini.

Purwadi mengatakan, beberapa jabatan Eselon II yang kosong saat ini ada tiga posisi. Yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Staf Ahli Bupati, dan Asisten Daerah Administrasi (Asda I). Tiga lainnya adalah Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ir Bunbun Budiyasa yang akan memasuki purna tugas dua bulan lagi, Kepala Bappenda Drs Apang Suparman MSi, serta Kepala Dinas Perhubungan Drs Jaka Chaerul.

“Yang sudah pasti kosong tiga Eselon II. Sedangkan tiga pejabat lainnya masih menjabat. Pak Bunbun akan pensiun dua bulan lagi. Sedangkan Pak Apang dan Pak Jaka, baru akhir tahun ini purna tugas,” papar Purwadi diamini Saepul Bahri SE, Kasubid Perpindahan, Pengangkatan dalam Jabatan pada BKPSDM.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Radar, salah satu pejabat Eselon III di lingkup Pemkab Kuningan berhasil menjadi kepala SKPD di Pemkab Indramayu, setelah sebelumnya pejabat tersebut ikut seleksi terbuka JPT. Pejabat yang berposisi sebagai sekretaris dinas itu tinggal menunggu pelantikan oleh Bupati Indramayu. Saat ini, izin dari Menteri Dalam Negeri soal pelantikan belum keluar.

“Alhamdulillah saya berhasil di seleksi JPT yang digelar Pemkab Indramayu pada Juni tahun lalu. Saat seleksi, saya masuk tiga besar. Untuk tanggal pelantikan, masih menunggu surat dari Menteri Dalam Negeri. Semoga saja pelantikannya bisa dilakukan bulan ini atau awal bulan,” jawab pejabat tersebut kepada Radar.

Dia mengatakan, dalam seleksi terbuka JPT di Pemkab Indramayu, dirinya merupakan satu-satunya peserta dari luar daerah. Posisi yang diikuti dalam open bidding tersebut, tak jauh berbeda dengan pekerjaannya sekarang ini. “Saya satu-satunya peserta luar daerah, dan alhamdulillah berhasil masuk tiga besar, dan ditetapkan oleh ibu bupati. Sekarang tinggal menunggu pelantikannya saja,” katanya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.