Jaga Nilai Tradisi, Warga Cibuntu Gelar Sedekah Bumi

oleh -1 views

KUNINGAN– Ribuan warga Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, tumpah ruah memadati lapangan Sepakbola Sidarangdan. Kedatangan warga tersebut mengikuti tradisi  sedekah bumi yang digelar hampir setiap tahun. Sebelumnya warga mengikuti proses pawai budaya dan makan bersama sebagai inti dari acah sedekah bumi.

Seperti tahun sebelumnya, dengan  berpakaian adat khas sunda, warga dan tamu undangan di suguhkan penampilan berbagai seni tradisional diantaranya tari tetenong, upacara air cikahuripan serta puncak acara sededekah bumi dengan makan bersama yang telah dipersiapkan warga sejak jauh hari sebelumnya

Kepala Desa Cibuntu, Awam Hamara dalam sambutanyaengatakan acara sedekah bumi tahun ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan untuk yang ke-8 kalinya. “Alhamdulilah bulan lalu kita telah mendapatkan kembali penghargaan ISTA  (Indonesia Sustainable Tourism Award) 2019 dari Kemenpar RI dan tentunya penghargaan tersebut di persembahkan untuk warga Desa Cibuntu,” Katanya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengungkapkan dukungan dari Pemda dan Pemprov Jabar untuk mewujudkan Desa Cibuntu menjadi Desa Pinunjul sesuai dengan visinya di bidang Pariwisata terus mengalir.

Bahkan, lanjut Acep, untuk tahun 2020 Pemprov Jabar telah merancang bantuan pengembangan Desa senilai 5 Milyar. Pihaknya berharap anggaran ini digunakan Desa sebaik baiknya untuk mempercantik titik keramaian di Desa Wisata Cibuntu.

“Desa Cibuntu telah meraih peringkat 5 terbaik tingkat Asean untuk kategori Best Home Stay, Semoga dengan prestasi seperti tersebut akan bermunculan Desa Wisata lainnya di Kabupaten Kuningan,” Kata Acep.(tbm)

No More Posts Available.

No more pages to load.