Ika: Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Berkebun

oleh -10 views
KEBUN SEHAT: Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama saat berkesempatan mengunjungi salah satu perkebunan di kawasan sekolah. FOTO: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama mengajak masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah sebagai ruang untuk berkebun. Potensi pekarangan rumah yang cukup luas, dapat dikembangkan sebagai lahan produktif tanaman pangan maupun tanaman hias.

“Potensi pekarangan yang luas dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman seperti buah-buahan, sayuran, tanaman hias ataupun tanaman peneduh. Sehingga setiap rumah warga bisa memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan,” kata Ika.

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai ruang berkebun dapat memberi efek positif bagi kemajuan desa ataupun kelurahan. Terlebih bagi ibu rumah tangga, jika menanam sayuran akan mengurangi biaya untuk kebutuhan dapur. “Misalnya menanam sayur jenis cabai dan tomat, tentu bisa mengambil dari hasil kebun dan tidak beli lagi. Dapat pula menanam jenis tanaman obat atau sejenis tanaman keluarga dalam polybag, hasilnya juga bermanfaat,” ujarnya.

Melalui program semacam ini setidaknya dapat mensukseskan gerakan pemerintah daerah untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Program ini dikemas dalam sebuah slogan Bunda Menyapa (Membangun Desa Menata Pangan Keluarga).

“Kader PKK memiliki kewajiban untuk berperan aktif sebagai penggerak program pemerintah daerah. Sehingga PKK rutin memberikan penyuluhan dan pencatatan, baik sebagai kader khusus maupun kader umum yang bergerak di bidang masing–masing,” ucapnya.

Misalnya saja, lanjut Ika, yakni dengan menyukseskan program dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Ini dibuktikan melalui kegiatan berkebun yang dilakukan kader PKK di Desa Jambar Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan “Ini menjadi salah satu tujuan dari program Sekoper Cinta, bagaimana membuat ibu-ibu disini memiliki aktivitas yang bermanfaat. Salah satunya dengan cara berkebun, menanam sayur-sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.