Ika Diganjar Penghargaan Juara I Tingkat Jabar

oleh -7 views
TERIMA PENGHARGAAN: Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kuningan Hj Ika Acep Purnama diganjar penghargaan sebagai juara I Kompetisi Video Berpakaian Budaya Daerah Tingkat Jabar.

KUNINGAN–Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kuningan Hj Ika Acep Purnama diganjar penghargaan sebagai juara I Kompetisi Video Berpakaian Budaya Daerah Tingkat Jabar. Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada acara Pekan Kerajinan Jabar 2021 di Trans Convention Hall Bandung, akhir pekan kemarin.

Atas raihan predikat favorit itu, Hj Ika Acep Purnama yang menjabat pula Ketua TP PKK Kuningan sangat bersyukur. Sebab dapat berkontribusi mengharumkan nama Kabupaten Kuningan di tingkat provinsi, sekaligus bangga dengan produk-produk buatan Indonesia.

“Alhamdulilah Dekranasda Kabupaten Kuningan mendapatkan Juara 1 Lomba Video Fashion Show Budaya, kami bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia. Semoga akan semakin maju dan berkembang juga peningkatan UMKM dan perekonomian di Jabar,” ucapnya.

Pihaknya mengajak agar selalu men-support produk-produk UMKM dan harus bangga serta cinta produk lokal. Salah satu caranya yakni dengan selalu membeli produk Indonesia.

“Seperti kata Kang Emil (Gubernur Jabar, red) untuk menggunakan produk buatan Indonesia, kemudian menggencarkan di sosmed yakni bela negara dengan belanja kita bisa meningkatkan perekonomian,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan, berbelanja produk UMKM merupakan salah satu cara untuk membela negara. Sekaligus meningkatkan pertumbuhan UMKM dan sektor ekonomi akibat terdampak Covid-19.

Berdasarkan catatan Dinas Koperasi dan UKM Jabar lanjutnya, terdapat 37.119 UMKM terdampak Covid-19. Bahkan sebanyak 14.991 di antaranya merupakan pelaku ekonomi kreatif, ada pula UMKM yang terpaksa berhenti produksi hingga gulung tikar.

“Jadi kegiatan ini dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini berkat sinergi dan kolaborasi bersama antara Kementerian Koperasi dan UKM, Pemprov Jabar, Dekranasda Jabar, Bank Indonesia serta seluruh stakeholder di Jabar,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, kegiatan Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat dalam mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia serta Bangga Berwisata di Indonesia, dapat membangkitkan UMKM dan pelaku ekonomi kreatif sekaligus mendorong pemulihan ekonomi di Jabar.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini  dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan juga pariwisata khususnya di Jabar. Khususnya mendukung promosi dan pemasaran secara virtual, sehingga mampu memberikan kontribusi optimal terhadap perekonomian, tidak hanya Jawa Barat tapi juga nasional,” tutupnya.

Tampak pula Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya mendampingi Gubernur Jabar ketika memberikan piagam penghargaan. Hadir pula Asda II Setda Kuningan Dr Deni Hamdani MSi, Kepala Diskopdagperin U Kusmana MSi dan Kabid Perdagangan Asep Tomi Nopian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *