Ika Beri Motivasi Guru PAUD Kuningan

oleh -2 views
Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama memberikan motivasi bagi puluhan guru PAUD di RM Lembah Ciremai, Selasa (26/11). FOTO: AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama memberikan motivasi bagi puluhan guru PAUD saat kegiatan peningkatan kompetensi diklat berjenjang tingkat dasar bagi guru pendamping muda pendidik PAUD di RM Lembah Ciremai Kuningan, Selasa (26/11). PAUD merupakan program prioritas pertama dan utama dalam fokus pembangunan pendidikan di Indonesia.

“Keberhasilan PAUD tidak terlepas dari peran pendidik PAUD. Mengingat peran utamanya dalam mengasuh, merawat, mendidik dan melindungi dalam upaya memaksimalkan seluruh sel otak yang sejak lahir sudah terbentuk,” kata Hj Ika saat mengawali pemaparan di hadapan puluhan Guru PAUD Kabupaten Kuningan, Selasa (26/11).

Menurut Hj Ika, pendidik PAUD merupakan tenaga professional. Tugasnya bukan saja merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran serta melakukan penilaian, namun juga melakukan pembimbingan, pengasuhan, dan perlindungan anak didik. “Karena beban tugas yang tak mudah inilah, pendidik PAUD dituntut untuk terus maju meningkatkan kompetensi dirinya,” ucapnya.

Kegiatan diklat yang diadakan IGTKI-PGRI ini, lanjutnya, memberi manfaat bagi pendidik PAUD agar menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengasuh dan mendidik anak. Sekaligus juga bagi lembaga PAUD yakni dengan bertambahnya kepercayaan masyarakat, untuk menyerahkan pendidikan anaknya kepada lembaga PAUD tersebut.

“Banyak sekali manfaat yang diperoleh diantaranya bagi pendidik dapat meningkatkan kompetensi pendidikan para pendidik PAUD, menambah wawasan dan pengalaman, memahami karakteristik peserta didik, memahami tumbuh kembang anak dan meningkatkan rasa percaya diri bagi para pendidik PAUD. Manfaat juga didapatkan bagi anak didik diantaranya anak semakin berkualitas dan semakin berkarakter, karena kunci kualitas anak ada di dalam guru yang berkualitas,” bebernya.

Kaitan dengan peningkatan kompetensi pendidik PAUD, kini Pemerintah Pusat telah memberikan dukungan kepada lembaga penyelenggara UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kabupaten/kota untuk berperan serta dalam penyelenggaraan diklat tingkat dasar bagi PTK PAUD.

Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk bantuan berupa dana yang disalurkan melalui rekening bank yang bersangkutan oleh Balai Pengembangan PAUD Non Formal dan Informal (BPPAUDNI) yang sifatnya stimulan, tidak mengikat, dan disesuaikan dengan kemampuan APBD Daerah. “Namun paling penting, yang menjadi Goals dari kegiatan ini adalah terbentuknya anak yang berkualitas dan berkarakter baik,” imbuh dia. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.