Hilal Sudah Ketemu, Tujuh Pejabat Eselon II Pindah Jabatan

oleh -33 views

KUNINGAN – Setelah sempat tak terdengar, kabar rotasi di level jajaran pejabat Eselon II Pemkab Kuningan ternyata sudah di depan mata. Rencananya hari ini, Jumat (15/10), Bupati H Acep Purnama akan menggelar rotasi pejabat Eselon II. Ketujuh pejabat itu akan diambil sumpah dan dilantik di Aula BKPSDM untuk menduduki jabatan baru.

Sedangkan beberapa jabatan yang ditinggalkannya akan diisi melalui seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama atau open bidding. Tapi ada juga yang untuk sementara dijabat Pelaksana Tugas (Plt) ketika pejabat yang bersangkutan memasuki masa pensiun.

Informasi yang diperoleh Radar, ketujuh pejabat yang terkena rotasi itu sebelumnya sudah mengikuti uji kompetensi, termasuk Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drs H Ucu Suryana MSi. Ucu mengikuti uji kompetensi susulan setelah setahun lebih menjabat sebagai kepala Disnaketrans.

“Ya saya sudah mengikuti uji kompetetensi susulan yang digelar oleh BKPSDM. Saat itu saya sendirian menjalani ujikom, dan pengujinya Prof Jonathan. Sama seperti teman-teman lainnya, materi ujikom juga tidak jauh berbeda,” terang Ucu kepada Radar, kemarin (14/10).

Ucu juga mengatakan, dirinya mendapat dua surat dari BKPSDM. Surat pertama untuk menghadiri acara rotasi, sedangkan surat kedua ditujukan ke pribadi yang berisi undangan pelantikan. Kedua surat itu diterima Kamis (14/10) sekitar pukul 15.00.

“Awalnya satu surat yang berisi undangan menghadiri mutasi. Kemudian datang lagi surat kedua, sifatnya pribadi. Di mana saya diminta hadir untuk mengikuti pelantikan. Itu berarti saya positif pindah. Hanya saja saya tidak tahu pindah kemana. Itu kewenangan atasan. Saya hanya menjalankan tugas saja,” ujar Ucu.

Sebenarnya, kata Ucu, dia merasa enjoy bertugas di Disnakertrans. Tanggal 19 Oktober mendatang, dirinya genap satu tahun tiga puluh hari menjabat sebagai Kepala Disnakertrans. Jika besok (hari ini, red) pindah, maka ini adalah ke 9 kalinya terkena rotasi sejak menjadi Eselon II. Kendati harus pindah lagi, Ucu mengaku tak masalah. Alasannya, jabatan adalah amanah yang harus dijalaninya.

“Allah mempunyai rencana lain, sehingga saya kembali pindah. Di mana pun ditempatkan, tak masalah bagi saya kok,” sebut pejabat yang dikenal saleh tersebut.

Sementara itu, ketujuh pejabat Eselon II yang diperkirakan akan dirotasi yakni Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Drs Dadi Hariadi MSi, Asda Bidang Perekonomian dan Kesra Dr Deni Hamdani MSi, dan Staf Ahli Bupati yang juga Plt Asda Bidang Administrasi Dian Fenti Asmara SAP MSi.

Untuk kepala satuan kerja perangkat daerah, ada nama Kepala Dinas Sosial Drs Dudy Budiyana MSi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dr Ukas Suharfaputra MAP, Kepala BKPSDM Drs H Nurahim MSi, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Drs H Ucu Suryana MSi.

Kepala BKPSDM Kuningan Drs H Nurahim MSi melalui Kabid Perpindahan, Pengangkatan dalam Jabatan, Kesejahteraan Aparatur dan Fasilitasi Profesi ASN pada BKPSDM Purwadi Hasan Darsono SHut MSi membenarkan jika Jumat ini ada pelaksanaan rotasi di lingkup Eselon II.

Sebanyak tujuh pejabat akan alih tugas ke tempat yang baru. Untuk lokasi digelarnya pelantikan yakni di gedung Graha Sajati BKPSDM dan dipimpin langsung Bupati H Acep Purnama. “Hilalnya sudah ketemu.  Pelaksanaan pelantikan dilangsungkan di Graha Sajati BKPSDM. Semula mau di Pendopo, kemudian pak bupati meminta di BKPSDM saja. Ada tujuh pejabat Eselon II yang akan dilantik,” kata Purwadi kepada Radar, kemarin (14/10).

Namun Purwadi enggan menyebutkan nama-nama ketujuh pejabat yang terkena rotasi. Alasannya, ranah itu bukan di instansinya melainkan di bupati selalu atasannya. “Besok akan ketahuan siapa saja yang dilantik untuk mengisi posisi yang baru. Jadi, sabar ya sampai Jumat pagi. Surat undangan juga sudah disebar ke pejabat bersangkutan dan juga seluruh kepala SKPD. Sekarang kami sedang mempersiapkan tempat untuk pelantikan,” jawabnya.

Ditanya apakah rotasi ini juga melibatkan Eselon III dan IV, Purwadi mengatakan bahwa acara besok hanya untuk Eselon II. Setelah rotasi, pihaknya langsung mempersiapkan rencana seleksi terbuka JPT. Dia menargetkan, di awal Desember mendatang, open bidding sudah rampung dan menghasilkan pejabat Eselon II yang baru.

“Setelah pelaksanaan rotasi, kami bergerak cepat untuk mempersiapkan seleksi terbuka JPT. Ada waktu sekitar dua bulan bagi kami. Dan kami menargetkan, di bulan Desember sudah selesai open bidding. Untuk pelantikan hasil open bidding nanti, pak bupati yang menentukan,” sebut dia (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.