Hari Ini, THR PNS dan DPRD Cair

oleh -21 views
Ilustrasi THR. (Pixabay)

KUNINGAN – Waktu yang ditunggu-tunggu para Pegawai Negeri Sipil (PNS) tiba. Sebab tunjangan hari raya (THR) cair pada Rabu (5/5), hari ini.THR tersebut akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing. Total jumlah PNS ada sebanyak 10.370 orang, sedangkan P3K hanya 426 orang.

Tak hanya para PNS di lingkungan Pemkab Kuningan, THR juga akan diberikan bagi 50 Anggota DPRD Kuningan. Termasuk kepada Bupati H Acep Purnama SH MH dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi.

Besaran THR yang diberikan cukup bervariatif. Namun paling tinggi adalah golongan 4D Eselon 2A sebesar Rp9,766 juta.

Khusus THR Bupati Kuningan, jumlah yang diterima mencapai Rp6,463 juta dan Wakil Bupati Kuningan Rp5,473 juta. Sedangkan THR bagi anggota dewan juga variatif, namun yang tertinggi adalah Ketua DPRD Kuningan yakni Rp5,397 juta.

Pembayaran THR ini pun sejalan dengan komitmen pemerintah pusat, apabila THR akan dibayarkan pada H-10 hingga H-5 perayaan Idul Fitri. Tak hanya kepada PNS dan anggota DPRD, THR akan dibayarkan pula terhadap CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di lingkungan Pemkab Kuningan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuningan A Taufik Rohman saat dikonfirmasi awak media, kemarin (4/5), membenarkan apabila THR akan segera dibayarkan pada Rabu ini. Adapun sejumlah penerimanya yaitu PNS, CPNS, P3K, DPRD, serta Bupati dan Wakil Bupati.

“Total jumlah PNS ada sebanyak 10.370 orang, sedangkan P3K hanya 426 orang. Untuk besaran gaji yang diterima, tertinggi golongan 4D Eselon 2A sebesar Rp9,766 juta dan terendah golongan 2C masa kerja 3 tahun sebesar Rp2,093 juta,” bebernya.

Dia menyebutkan, jumlah pembayaran gaji THR 2021 totalnya mencapai Rp51,797 miliar. Secara rinci untuk CPNS, PNS dan kepala daerah sebanyak Rp50,158 miliar, sedangkan untuk P3K sebanyak Rp1,435 miliar dan DPRD Rp202,925 juta

“Sumber dana gaji THR ini dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD 2021. Komponen gaji THR untuk PNS dan P3K yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan. Sementara DPRD yakni akumulasi dari uang representasi, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan,” imbuhnya.

Saat ditanya berapa nominal THR yang diterima Bupati dan Wakil Bupati, Ia menyebut, jika Bupati Kuningan hanya menerima Rp6,463 juta dan Wakil Bupati Kuningan Rp 5,473 juta. Sedangkan THR bagi anggota dewan terbilang variatif, namun yang tertinggi adalah Ketua DPRD Kuningan.

“Kalau dewan itu variatif, kalau tertinggi Pak Nuzul Rachdy sekitar Rp5,397 juta. Kalau untuk nominal terendah khusus anggota dewan ini senilai Rp3,858 juta,” pungkasnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *