Hardiknas, Momentum Wujudkan Merdeka Belajar

oleh -11 views
HARDIKNAS: Bupati H Acep Purnama SH MH memimpin upacara Peringatan Hardiknas bertajuk Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar di halaman Setda Kuningan, Minggu (2/4).

KUNINGAN–Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) hendaknya dijadikan sebagai komitmen untuk mewujudkan merdeka belajar. Peringatan Hardiknas 2021 diperingati pemerintah daerah dengan mengadakan upacara di lingkungan Disdikbud Kuningan pada Minggu (2/5) kemarin.

Bupati H Acep Purnama SH MH berkesempatan memimpin upacara Peringatan Hardiknas bertajuk Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar. Hadir pula Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kepala Disdikbud Drs H Uca Somantri MSi dan pejabat di lingkungan Disdikbud Kuningan.

Pada sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Bupati H Acep Purnama menyampaikan, momentum ini hendaknya menjadi ruang untuk merefleksikan kembali apa saja yang telah dikerjakan dengan baik, serta apa saja yang perlu diperbaiki.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” ucapnya.

Pihaknya menekankan, seluruh anak-anak Indonesia harus menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, serta pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

“Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Ia menyampaikan, rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri. Khususnya bagi para pendidik serta tenaga kependidikan di semua jenjang, dengan terobosan-terobosan merdeka belajar betul-betul dapat menyasar seluruh masyarakat.

“Di hari yang mulia ini dan di bulan yang penuh kemenangan ini, saya ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari bangkit dan pulih, mari serentak bergerak, wujudkan merdeka belajar,” tandasnya.

Bupati Acep berpesan, dengan perkembangan dan kemajuan global dunia pendidikan dan ilmu pengengatuan, Disdikbud merupakan salah satu elemen pemerintah yang mempunyai tugas mulia mengelola pendidikan secara utuh  dan harus berperan aktif dalam pengembangan profesi guru, pembangunan pendidikan dan ilmu pengetahuan, serta peran serta masyarakat dengan kesigapan dan kesiapan seluruh elemen.

Usai upacara peringatan, dilakukan pula penyerahan piala kepada pemenang lomba kreativitas penilik, pengawas, guru dan tutor PAUD Disdikbud Kuningan tahun 2021. Sekaligus penyerahan santunan kepada anak yatim piatu oleh Bupati Kuningan.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *