, ,

Gubernur Sebut Tour de Linggarjati Even Kebanggaan Jawa Barat

oleh -191 views
Peserta dari dalam dan luar negeri bertarung di balap sepeda Tour de Linggarjati. FOTO: M TAUFIK/RADARKUNINGAN.COM

KUNINGAN-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkesempatan hadir menyaksikan hari terakhir event balap sepeda internasional Tour de Linggarjati, Minggu (15/9). Dalam kesempatan tersebut Gubernur menyampaikan apresiasi dan menilai acara tahunan TDL di Kuningan merupakan event sport tourism yang sudah mendunia dan menjadi kebanggaan Jawa Barat.

“Ini adalah tour sepeda paling membanggakan di Jawa Barat. Sudah berskala internasional dan mimpi kita ke depan bisa mengglobal,” ujar Emil sapaan akrab gubernur kepada awak media.

Menurut Emil, Kabupaten Kuningan bisa menunjukkan even olah raga bisa menumbuhkan citra Kuningan dan dan juga pariwisatanya. Emil melihat, dukungan dan antusias masyarakat Kabupaten Kuningan untuk kesuksesan acara ini pun patut diacungi jempol.

“Kita lihat juga kemeriahan Fun Bike yang turut menyemarakkan Tour de Linggarjati ternyata diikuti sangat banyak peserta hingga mencapai 6.000 orang. Ini contoh sport tourism unggulan Jawa barat, di Kabupaten Kuningan yaitu olah raga sepeda,” kata Emil.

Terkait perkembangan event Tour de Linggarjati ke depannya, Emil mengatakan, pihaknya telah berbincang dengan Bupati Kuningan Acep Purnama untuk nanti melibatkan daerah tetangga di Jawa Barat lainnya. Meski demikian, kata Emil, nama eventnya masih tetap Tour de Linggarjati dengan garis start dan finish di Kabupaten Kuningan.

“Namanya tetap Tour de Linggarjati, namun rutenya menjangkau kabupaten tetangga lainnya. Sehingga pemandangan indah di kota dan kabupaten lain di Jawa Barat bisa dilalaui oleh para pembalap. Pokoknya, nanti masyarakat kalau mendengar kata balap sepeda akan teringat Tour de Linggarjati,” ucap Emil.

Sementara itu Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi rencana Gubernur Ridwan Kamil tersebut dan berharap bisa benar-benar terealisasi. Acep pun tidak mempermasalahkan apabila event Tour de Linggarjati menempuh rute menjangkau wilayah kota/kabupaten lain di Jawa Barat untuk semakin menyemarakkan acara TDL.

“Saya sangat berterima kasih atas yang disampaikan Pak Gubernur bahwa TDL menjadi event kebanggaan Jawa Barat, karena memang baru Kuningan yang bisa menyelenggarakan event seperti ini. Saya dan Pak Gubernur pun sudah membicarakan rencana TDL ke depan bisa menjadi event Jawa Barat dengan peserta yang semakin banyak dan go internasional,” ujar Acep.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sengaja hadir di hari terakhir Tour de Linggarjati ditemani istrinya berkesempatan mengibarkan bendera start fun bike yang diikuti sekitar 6.000 goweser dari wilayah III Cirebon, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar hingga Brebes dan Cilacap. Emil juga menyempatkan meninjau Taman Kota Kuningan dan membahas rencana revitalisasi tempat nongkrong warga Kuningan di tahun depan.

Sebelum mengakhiri kunjungannya di Kuningan, Emil pun berkesempatan menyaksikan balap sepeda di hari terakhir TDL yakni comor lomba criterium atau keliling lintasan Kota Kuningan. Yang menarik di TDL tahun ini, nomor criterium juga menghadirkan kategori Boy and Girl Challenge yang pesertanya anak-anak usia dini antara usia 4 hingga 12 tahun. Dilanjutkan untuk kategori Junior, Youth dan Elite putra-putri yang dibedakan berdasarkan jumlah putaran atau lap sesuai kelasnya. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.