Gara-gara Teledor Matikan Tungku, Separuh Rumah Misda Hangus Terbakar

oleh -4 views
kebakaran-kuningan-
Petugas berusaha memadamkan api di rumah Misda (65) di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwang. Foto: M Taufik/Radar Kuningan

RADAR KUNINGAN – Musibah kebakaran melanda sebuah rumah milik keluarga Misda (65) di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Minggu (3/1/2021).

Kebakaran diduga akibat tungku kayu bakar. Menyebabkan separuh bangunan rumah ludes terbakar dengan kerugian materil hingga belasan juta rupiah.

Berdasarkan informasi dihimpun Radar Kuningan, kebakaran tersebut terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 07.30 WIB.

Baca juga: Waspada! Bencana Alam di Kabupaten Kuningan Meningkat, Ini Jumlahnya Sepanjang 2020

Kebakaran pertama kali diketahui oleh tetangga Misda yang terkejut melihat kepulan asap di bagian belakang rumah.

“Saat kejadian pemilik rumah sedang di sawah bersama istrinya. Warga yang melihat kepulan asap dari dapur langsung mendobrak pintu untuk melihat sumber api. Ternyata api sudah membakar seluruh ruang dapur,” ungkap Uud, saksi kejadian.

Uud melanjutkan, warga berhamburan datang ke lokasi dan langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Baca juga: Ada 16 Titik Bencana dan 15 Kecamatan yang Rawan Bencana di Kuningan, Cek Daftarnya

Kerja keras warga dan perangkat desa setempat ternyata membuahkan hasil. Dalam waktu kurang dari satu jam api dipadamkan.

“Kebakaran menghanguskan bagian dapur dan satu kamar belakang berikut perabotan dan sebagian atap rumah. Alhamdulillah api tidak membakar ruangan lain sehingga perabotan seperti televisi, kulkas dan lainnya masih aman,” tutur Uud.

Warga juga melaporkan kejadian kepada petugas Damkar Kuningan. Satu unit kendaraan Damkar dan petugas yang mendatangi lokasi masih mendapati kepulan asap di bagian atap yang sulit dijangkau warga.

“Alhamdulillah kebakaran tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan. Atas kejadian ini pemilik rumah mengalami kerugian mencapai Rp18 juta,” ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar Kuningan.

Dari keterangan pemilik rumah, kata Khadafi, penyebab kebakaran diduga dari bara api tungku kayu bakar yang belum padam sempurna.

“Ini patut menjadi pelajaran kita semua untuk berhati-hati dan waspada terhadap segala hal yang dapat berpotensi menyebabkan kebakaran,” pungkas Khadafi. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.