Galeri Cekas Wadah Promosi UMKM

oleh -21 views

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH meresmikan Galeri Cekas UMKM Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, akhir pekan kemarin (13/2). Peresmian ini diawali dengan gunting pita dan penandatanganan prasasti Galeri Cekas UKM Cisantana.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 memang sangat berdampak terhadap aktivitas masyarakat. Satu hal dampak paling besar yakni terhadap perekonomian masyarakat, termasuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Keluhan dari para pelaku UMKM adalah penjualan yang menurun, sulit memperoleh bahan baku, serta distribusi yang menjadi terhambat. Walau begitu, tidak semua UKM mengalami penurunan,” ujarnya.

Menurutnya, melalui pembangunan Galeri Cekas UKM Desa Cisantana semoga dapat membantu roda perekonomian masyarakat. Bahkan semua produk IKM maupun UKM di Kecamatan Cigugur, diperbolehkan untuk memasarkan produknya di Galeri Cekas UKM Cisantana.

“Tidak menutup kemungkinan dari kecamatan lain boleh menitipkan produknya di Galeri Cekas UKM Desa Cisantana,” katanya.

Dia berpendapat, bahwa solusi bagi para UKM terletak pada satu kata yaitu integrasi. Seperti perlu memiliki manajemen stock produk yang terintegrasi dengan pembelian dan penjualan.“Sehingga mampu memantau persediaan barang dengan cepat dan tepat. Kemudian perlu mengintegrasikan pengiriman barang dagangan baik itu dalam kota, antar kota, sampai antar negara,” sebut bupati.

Selain itu, lanjut dia, UKM dapat terintegrasi dengan sistem komunikasi yang cepat kepada pelanggan. Walaupun tidak dapat bertatap muka langsung, namun dapat memanfaatkan media sosial ataupun WhatsApp dan Line dengan sistem pembayaran transfer bank, e-wallet (Dana, Ovo dan lain-lain) serta Cash On Delivery (COD).

“Melalui peresmian Galeri Cekas ini, saya berharap dapat mempromosikan produk-produk UMKM Kabupaten Kuningan yang terdiri dari minuman, minuman, handycraft dan batik. Sebab tempatnya yang sangat strategis sebagai kawasan wisata, banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar Kabupaten Kuningan,” terangnya.

Sehingga kedepan, kata Acep, galeri tersebut menjadi wadah berpromosi dalam peningkatan UMKM di Kuningan. Apalagi menyambut pasar global yang menuntut para pengusaha untuk lebih maju dan kreatif guna memenuhi pangsa pasar.

Sementara Koordinator BKM Mandapa Suci Desa Cisantana, Iwan Darwansyah berharap, keberadaan Galeri Cekas dapat meningkatkan perekonomian di Kuningan. Sekaligus ke depan Galeri Cekas bisa lebih berkembang dan maju.

”Alhamdulillah Desa Cisantana dengan segala sumber daya alam dan destinasi wisata yang luar biasa, kami berharap dan meminta dukungan agar dapat meningkatkan potensi desa. Salah satunya melalui Galeri Cekas Cisantana ini, bahkan sekarang banyak yang sudah menitipkan produknya di sini,” tutupnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.