Forum Ponpes Salurkan Beras Bantuan dari Pemkab

oleh -202 views
Ketua FPP Kuningan KH Aman Syamsul Falah (kanan), secara simbolis menyerahkan kembali bantuan beras dari Pemda Kuningan kepada pimpinan Ponpes, kemarin. FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Setelah diberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa ribuan masker, serta alat pengukur suhu tubuh, disinfektan dan hand sanitizer, Pemkab Kuningan pun memberikan bantuan 12 ton beras kepada Forum Pondok Pesantren (FPP) Kuningan.

Bantuan 12 ton beras tersebut kini mulai disalurkan oleh FPP kepada 100 Ponpes dari sekitar 200 Ponpes yang ada di Kuningan. Beras tersebut disalurkan dari Ponpes Miftahul Falah Desa Cilowa Kecamatan Kramatmulya, sejak beberapa hari ini.

Ketua FPP Kuningan KH Aman Syamsul Falah, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Kuningan yang kini dipimpin Bupati H Acep Purnama SH MH, yang telah memberikan bantuan sebagai bentuk perhatian kepada lembaga pendidikan Pondok Pesantren di Kuningan.

“Terima kasih kepada Pemda Kuningan, kepada Pak Acep, selama ini Bupati dan Gugus Tugas-nya telah respect terhadap komunitas dunia Pesantren. Ini murni kepedulian Pemda Kuningan dalam perhatiannya terhadap pendidikan Pesantren di tengah masih adanya pandemi Covid-19,” kata Kiai Aman, saat berbincang dengan Radar Kuningan usai penyaluran bantuan beras, Minggu kemarin (9/8).

Kiai Aman menjelaskan, bantaun 12 ton beras dari Pemkab Kuningan, dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kuningan yang diketuai Bupati H Acep Purnama, untuk dislurkan kepada sekitar 100 Ponpes di Kuningan. Bantuan turun setelah sebelumnya FPP juga diberikan bantuan berupa ribuan APD untuk digunakan para kiai dan santri di Ponpes.

“Sebelumnya Alhamdulillah ada bantuan APD yang telah didistribusikan ke Ponpes. Untuk bantuan beras, ini sudah diserahkan secara keseluruhan dari Pemda melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) yang diketuai Pak Dr Ukas kepada saya selaku Ketua Forum, hari Jumat tanggal 7 Agustus jam 14.30 WIB,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Pemkab Kuningan senantiasa tetap istiqomah atau konsisten, terarah, dan terprogram dengan baik dalam melakukan kerjasama secara sinergis dengan FPP. Tentu saja kerjasama tersebut dalam rangka untuk membangun Kuningan juara lahir bathin.

“Kerjasama yang baik ini juga untuk membangun Kuningan Juara Lahir Bathin. Ini sebagai bentuk dukungan ril kepada visi misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dipimpin Pak Ridwan Kami dan Pak Uu Ruzhanul Ulum,” ujarnya.

Bantuan beras tersebut, lanjut Kiai Aman, akan dimanfaatkan bagi para Kiai, Ustadz dan dan santri di setiap Pondok Pesantren. Jumlah yang diberikan variatif sesuai kebutuhan di masing-masing Ponpes.

“Mohon maaf bila ada yang belum terbagi. Semuanya itu ada sekitar 200 pesantren yang punya izin operasional, baru terbagi bantuan sekitar 100 pesantren. Sekali lagi mohon maaf bagi yang belum kebagi, mudah-mudahan ada perhatian lagi dari Pemda bagi yang belum kebagi,” harapnya.

“Sekali lagi menyampaikan apresiasi atas nama Forum Pondok Pesantren kepada Bupati dan seluruh rengrengannya. Ini juga Alhamdulillah sudah uyuhan, di tengah-tengah pandemi Covid-19 Pemda di sela kesibukannya bisa membantu seabrek ini,” ucapnya.

“Secara khusus pula kami haturkan terima kasih kepada Pak Dr Opik (Kepala BPKAD) dan Pak Agus (Kepala Pelaksana BPBD), dan juga Pak Dr Ukas (Kepada DKPP),” pungkas Kiai Aman.

Di tempat yang sama, pimpinan Ponpes Miftahul Huda Al-Wafa Desa Cikubangsari Kecamatan Kramatmulya, Ustadz Dudung Abdul Majid, menyampaikan terima kasih kepada FPP dan juga Pemkab Kuningan yang begitu besar memberikan perhatian bagi kalangan pesantren di Kuningan.

“Terima kasih atas bantuannya dari Pemkab Kuningan dan FPP. Insya Allah bantuan ini sangat bermanfaat bagi lembaga pendidikan di pesantren,” tutur Dudung. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.